Rayakan Kelulusan, Siswa SMAN 4 Cimahi Berbagi Sembako

Cimahi - TemanBaik, 2 Mei lalu merupakan pengumuman kelulusan siswa tingkat SMA/Sederajat . Ada hal yang tak biasa di tengah pengumuman kelulusan yang dilakukan dalam masa pandemi ini. Ya, siswa-siswi tak bisa terlalu larut dalam euforia kegembiraan karena harus tetap beraktivitas #DiRumahAja.

Namun, siswa-siswi SMA Negeri 4 Cimahi punya cara sendiri dalam meluapkan euforia kegembiraan setelah momen kelulusan. Mereka melakukan aksi 'menggantung sembako' di pagar sekolah untuk nantinya diambil oleh para pihak terdampak ekonomi akibat virus korona.

"Ini merupakan ungkapan rasa syukur siswa-siswi kelas 12, yang lulus sekolah walau sedang dalam suasana pandemi seperti ini," ujar Guru Bimbingan Konseling (BK) SMA Negeri 4 Cimahi Dwi Fitria Ambarina atau biasa disebut Ambar.

Sembako yang digantungkan tersebut berisi beras, minyak, gula, terigu, telur, kecap, sarden, mi instan, tempe, sayuran dan masih banyak lagi. Masing-masing jenis sembako itu dimasukkan ke dalam kantong dan digantung di gerbang sekolah.

Ambar menyebutkan, donasi dari warga SMA Negeri 4 Cimahi  yang menjadi sumber dana untuk #AksiBaik ini. Sembako yang sudah dikemas tersebut kemudian dibagikan kepada warga di sekitar lingkungan sekolah SMA Negeri 4 Cimahi, termasuk siswa-siswi SMA Negeri 4 Cimahi yang masuk kategori SKTM atau kategori siswa tidak mampu.

Sebagai pengingat, Ambar juga belum lama ini pernah melakukan hal yang sama di rumahnya yakni menggantungkan sembako untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar. 

Menginspirasi
Berbicara mengenai kelulusan, angka kelulusan di SMA Negeri 4 Cimahi mencapai 100 persen. Kendati begitu dalam kesempatan yang sama, Delia Ananda yang merupakan siswa kelas 12 IPS 2 tak bisa menyembunyikan kesedihannya karena harus melewati momen kelulusan di tengah suasana pandemi. Sedangkan, kita semua tahu momen kelulusan biasanya identik dengan perayaan dan ekspresi kegembiraan karena berhasil melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

"Tapi ya hikmahnya bisa menghabiskan waktu di rumah dengan belajar dan menyebarkan kebaikan," terangnya.

Delia juga berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi tiap orang yang merasa dirinya mampu untuk saling berbagi dengan saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan. Lebih lanjut lagi, ia berharap aksi baik ini dapat ditiru oleh teman-teman sesama siswa SMA, yakni merayakan kelulusan dengan menebar kebaikan, tentu dengan tetap memperhatikan standar keamanan di tengah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Semoga aksi ini bisa meringankan beban mereka yang memang perlu banget bantuan di tengah pandemi ini," tutup Delia.

TemanBaik, kebaikan bisa dilakukan di mana saja dan apapun bisa jadi inspirasi untuk menebar kebaikan. Oleh karena itu, yuk mulai aksi baikmu dari sekarang! Sekecil apapun, pasti akan sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Foto: dok. SMA Negeri 4 Cimahi

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler