Lahir Saat Pandemi, Gajah Ini Diberi Nama Covid

Bogor - TemanBaik, tahu kan jika Taman Safari Bogor punya koleksi satwa berupa gajah? Namun, ada yang istimewa dari koleksi gajahnya saat ini. Kini ada gajah yang diberi nama Covid.

Tentu ada alasan kenapa gajah itu diberi nama Covid. Sebab, gajah jantan ini lahir di tengah pandemi virus corona atau COVID-19, tepatnya pada 28 April 2020 pukul 02.25 WIB. Tapi, kelahiran gajah ini diumumkan ke publik baru-baru ini melalui laman resmi Taman Safari.

Gajah ini lahir dari sepasang gajah asal Riau. Gajah jantannya bernama Kodir (44) dan betinanya bernama Nina (46). Sedangkan nama Covid yang disematkan pada anak gajah itu berasal dari manajemen Taman Safari Bogor.

Dengan hadirnya Covid, maka koleksi gajah di Taman Safari Bogor bertambah lebih banyak. Saat ini, total ada 51 ekor gajah. Ini tentu jadi kesuksesan tersendiri dalam usaha pengembangbiakkan satwa langka dan terancam punah tersebut.

Baca Ini Juga Yuk: #AksiBaik Karyawan Pabrik di Malang, Sisihkan THR Bantu Sesama

Bahkan, usaha pengembangbiakkan satwa lain juga terus dilakukan. Beberapa di antaranya sudah membuahkan hasil manis, misalnya burung kasturi, spesies burung langka dari Papua.

"Keberhasilan dalam pengembangbiakkan satwa melalui program konservasi saat ini bukan hanya kelahiran mamalia besar saja. Tetapi ada beberapa satwa yang berhasil berkembang biak di antaranya burung kasturi raja yang tergolong langka," kata Direktur Taman Safari Indonesia Jansen Manansang.

Menurutnya, lahirnya satwa-satwa langka itu jadi pembuktian bahwa Taman Safari Bogor punya komitmen sebagai lembaga konservasi. Bukan hanya sekadar mengoleksi, tapi satwa-satwa itu juga diselamatkan, dipelihara, serta tentunya dikembangbiakkan.

Bahkan, pandemi COVID-19 pun tak menyurutkan semangat untuk tetap memelihara satwa-satwa yang ada dengan baik. Buktinya, gajah bernama Covid bisa lahir dengan selamat.

"Kami tetap memprioritaskan kesejahteraan satwa, termasuk pakan, kesehatan, dan perawatannya," tutur Jansen.

Foto: dok. Taman Safari Bogor/www.tamansafari.com
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler