Mengenal Jasa Orang Utan untuk Lingkungan

Bogor - TemanBaik, tahu enggak jika orang utan punya andil dan jasa besar untuk pelestarian alam dan hutan? Jasa besar apa ya yang dimaksud? Simak ulasannya yuk!

Dilansir dari laman resmi situs web Taman Safari Indonesia, orang utan biasanya mengonsumsi buah-buahan dan dedaunan, tumbuhan merambat, serta terkadang serangga kecil. Ini bagian terpentingnya. Saat mengonsumsi buah-buahan berbiji, peran sebagai pelestari alam dimulai.

Biji dari buah-buahan yang masuk ke dalam perutnya itu enggak dicernah loh. Biji-bijian itu pada akhirnya akan keluar secara utuh melalui kotorannya.

Nah, jika kotoran ini jatuh di tanah yang subur, maka akan tumbuh menjadi pohon baru. Coba deh TemanBaik bayangkan, jika banyak kotoran yang mengandung biji buah-buahan ini tersebar di alam, otomatis akan semakin banyak pohon yang tumbuh. Hal inilah yang membuat orang utan dijuluki sebagai pelestari hutan alami.

Selain itu, masih ada hal lain yang membuat orang utan disebut sebagai pelestari hutan. Orang utan punya kebiasaan mematahkan dahan pohon di ketinggian untuk mengambil dedaunan atau membuat sarang baru. Apa hubungannya dengan pelestarian hutan?


Ternyata hal ini membuat sinar matahari yang tadinya terhalang jadi hingga ke permukaan tanah dan menyinari bakal pohon baru yang mulai tumbuh. Hasilnya, pohon-pohon baru terkena sinar matahari dan dapat tumbuh dengan baik.

Tapi, di balik jasa besarnya, satwa yang berasal dari Sumatera dan Kalimantan ini dihadapkan pada kondisi tak menyenangkan. Populasinya di dua provinsi itu menurun hingga 80 persen selama 75 tahun terakhir.

Penyebabnya tentu adalah alih fungsi hutan menjadi area perkebunan, pertambangan, bahkan pemukiman penduduk. Bahkan, banyak orang utan yang akhirnya terusir dari tempat tinggalnya sendiri.

Karena itu, semua pihak diharapkan saling menjaga dan melindungi kelestarian alam. Sehingga, keberadaan orang utan bisa tetap lestari yang akan berbanding lurus dengan kelestarian alam.

Sementara untuk menjaga kelestarian orang utan, Taman Safari Indonesia menampung puluhan orang utan yang disebar di seluruh unit, yaitu TSI Bogor, TSI Prigen, Bali Safari Park, dan Batang Dolphins Center. Di tempat-tempat ini, orang utan diharapkan bisa berkembang biak sehingga populasinya bertambah.

Foto: dok. Taman Safari Indonesia
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler