Idulfitri Segera Tiba, Simak Ini Dulu Yuk!

Bandung - Idulfitri tentu jadi hari yang istimewa bagi umat muslim. Sebentar lagi, Hari Kemenangan itu pun datang. Kamu sudah siap menyambutnya?

Sesuai penanggalan, Idulfitri kali ini akan jatuh pada 24-25 Mei 2020. Namun, untuk memastikannya, tunggu hasil sidang isbat dulu yang dilakukan pemerintah dan berbagai pihak terkait ya.

Suasana Idulfitri pada tahun ini berbeda dibanding sebelum-sebelumnya. Sebab, Idulfitri kali ini berada di tengah pandemi virus corona atau COVID-19. Tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan. Apa saja ya?

Ketentuan Salat Idul Fitri
Berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idulfitri Saat Pandemi COVID-19, ada tiga ketentuan salat Idulfitri, yaitu:

1. Salat Idulfitri Berjamaah
Salat Idulfitri boleh dilaksanakan secara berjamaah di tanah lapang, masjid, musala, atau tempat lainnya. Tapi, enggak semua kawasan boleh melaksanakan ini loh.
Pelaksanaan salat idulfitri boleh dilakukan berjamaah jika kawasan tersebut sudah terkendali COVID-19 yang ditandai menurunnya angka penularan dan memungkinkan kerumunan massal. Kawasan itu juga harus bebas COVID dan diyakinitidak terdapat penularan.

2. Salat Idulfitri di Rumah
Bagi kawasan atau daerah yang masih belum terkendali penyebaran COVID-19, salat Idulfitri sebaiknya dilaksanakan di rumah ya. Ini jadi cara terbaik demi meminimalisir penularan dan penyebaran COVID-19.

3. Tetap Terapkan Protokol Kesehatan
Ini juga yang tak kalah penting. Melaksanakan salat Idulfitri secara berjamaah di luar atau di rumah, protokol kesehatan COVID-19 sebaiknya tetap dijalankan ya.

Panduan Takbir Idulfitri
Jika TemanBaik ada yang belum tahu seputar takbir Idulfitri, dibawah ini beberapa poinnya:

1. Setiap muslim disunnahkan bertakbir pada malam Idulfitri

2. Waktu pelaksanana takbir dimulai dari tenggelamnya matahari di akhir Ramadan hingga jelang salat Idulfitri

3. Disunnahkan bertakbir di rumah, masjid, pasar, kendaraan, jalan, rumah sakit, kantor, dan tempat-tempat umum

4. Takbiran bisa dilaksanakan sendiri atau bersama-sama, baik dengan suara keras atau pelan

5. Di tengah pandemi COVID-19, takbiran dapat dilaksanakan di rumah, di masjid oleh pengurus takmir, di jalan atau petugas atau jamaah secara terbatas, serta melalui media televisi, radio, media sosial, dan media lainnya

6. Seluruh elemen bangsa, umat Islam perlu bertakbir di malam Idul Fitri sebagai tanda syukur sekaligus doa agar wabah COVID-19 segera berakhir

Foto: Ilustrasi Teguh/BeritaBaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler