Bijak Rayakan Idulfitri Ala Ma'ruf Amin

Jakarta - TemanBaik, terutama kamu umat muslim, pasti sudah enggak sabar kan melaksanakan Idulfitri? Sabar dulu ya, tinggal sehari lagi kok kamu bakal merayakannya pada Minggu (24/5/2020).

Namun, tentu ada hal berbeda dalam pelaksanaan Idulfitri tahun ini. Sebab, Hari Kemenangan berlangsung di tengah pandemi virus corona atau COVID-19.

Karena hal inilah kamu dianjurkan untuk bersikap bijak. Tidak mudik, melaksanakan salat Idulfitri di rumah saja jadi cara terbaik untuk dilakukan. Tujuannya demi meminimalisir tertular atau bahkan menularkan COVID-19.

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin meminta masyarakat memahami kondisi saat ini. Jangan sampai ada kegiatan yang melibatkan kerumunan massa, termasuk salat Id.

"Tidak di masjid ataupundi lapangan terbuka karena situasi keadaan negara kita masih menghadapi bahaya COVID-19. Oleh karena itu, masih perlu adanya mencegah berklnya massa yang banyak untuk mencegah penularan COVID-19," kata Ma'ruf dalam keterangan resminya.

Baca Ini Juga Yuk: Idulfitri Segera Tiba, Simak Ini Dulu Yuk! 

Khusus kepada umat muslim, ia juga mengingatkan tentang pentingnya membangun kemaslahatan hingga menghilangkan kemudaratan. Itu jadi esensi penting dari ajaran agama.

"Karena itu, di dalam melaksanakan ajaran agama kita senantiasa menyesuaikan dengan keadaan, dan tahunini hari raya kita masih dalam suasana kedaruratan itu, kebahayaan itu. Tahun ini, kita masih dalam suasana tahun kebahayaan," tuturnya.

Janjikan Upaya Maksimal
Sebagai Wakil Presiden, Ma'ruf secara khusus menyampaikan permintaan maafnya atas pemerintah. Sebab, pandemi COVID-19 belum berakhir hingga kini. Meski begitu, upaya keras tetap akan dilakukan agar pandemi segera berakhir.

"Kami pemerintah mohon maaf karena memang bahaya belum hilang," ungkap Ma'ruf.

Menurutnya, bukan hal mudah mengatasi pandemi COVID-19. Selain COVID-19 adalah virus yang sulit dihadapi, Indonesia memiliki penduduk yang banyak dibanding negara-negara lain di ASEAN. Luasnya wilayah Indonesia juga jadi kendala tambahan.

Di tengah berbagai upaya yang dilakukan pemerintah, ia pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk disiplin. Berbagai imbauan serta langkah pencegahan perlu dilakukan semaksimal mungkin.

"Karena itu, kita harapkan nantinya tidak akan lama lagi COVID-19 ini akan segera hilang, akan segera berlalu," ucap Ma'ruf.

Foto: dok. www.wapres.go.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler