Ini Remon, Koleksi Baru Kebun Binatang Bandung

TemanBaik, Bandung Zoo Garden alias Kebun Binatang Bandung punya tambahan koleksi satwa nih dengan hadirnya Remon. Remon adalah seekor lutung jantan dari sepasang lutung bernama Albert dan Lulu.

Lutung ini lahir pada 3 Mei 2020 lalu. Hadirnya Remon menjadi koleksi lutung keempat di sana, setelah Albert, Lulu, dan Fitri.

Saat ini, anak lutung itu dalam kondisi sehat dan terus menempel pada induknya. Untuk pakannya, anak lutung ini diberi sayuran, buah-buahan, tempe mentah, hingga telur mentah.

"Selanjutnya, lutung ini jadi koleksi kita, kecuali pemerintah minta dilepasliarkan," kata Markom Bandung Zoo Garden Sulhan Syafi'i kepada BeritaBaik.id, Rabu (3/6/2020).

Remon sendiri mendapat perhatian besar dari induknya. Sang induk memiliki sikap protektif terhadap anaknya. Sebaliknya, Remon juga tak mau lepas dari induknya sehingga terus bergelayut di tubuh induknya.



Kok Warna Remon Beda?
TemanBaik, warna bulu Remon sendiri cukup mencolok karena berwarna cokelat kemasan. Kok beda ya dengan induknya yang bulunya berwarna hitam?

Dilansir dari berbagai sumber, warna cokelat keemasan ini hanya terjadi saat lutung masih anak-anak. Seiring bertambahnya usia, lutung ini bulunya akan berubah warna.

Warnanya perlahan akan pudar berganti gelap. Hingga akhirnya lutung ini akan berwarna hitam pada usia dewasa, yaitu antara 4-5 tahun.

Remon sendiri memiliki nama latin Javan silvered leaf monkey. Lutung ini masuk dalam kelompok monyet dan memiliki ekor. Untuk ukurannya, lutung berkisar antara 40-80 sentimeter dan berat 5-15 kilogram. Pejantan biasanya memiliki ukuran lebih besar dari betina.

Dalam kesehariannya, lutung hidup di hutan. Ia kerap bergelayutan dan melompat dari satu pohon ke pohon lain. Hewan yang mampu bertahan hidup hingga 20 tahun ini aktif pada siang hari alias diurnal, tapi jauh lebih aktif pada pagi dan sore hari.

Lutung yang termasuk kategori herbivora ini biasanya hidup berkelompok antara lima hingga 20 ekor. Sedangkan dalam proses kehamilan, biasanya betina hanya mengandung satu ekor anak dengan masa kehamilan sekitar tujuh bulan.

Foto: dok. Bandung Zoo Garden
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler