Masjid di Bandung Mulai Dibuka, Patuhi Aturan Ini Ya!

Bandung - TemanBaik, setelah memasuki pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proporsional, sejumlah kelonggaran mulai diberlakukan di Kota Bandung. Salah satunya, masjid mulai kembali bisa dipakai untuk umum.

Bahkan, terhitung hari ini, masjid-masjid mulai mengelar pelaksanaan salat berjamaah. Masjid mana saja yang kembali dibuka untuk umum dan melaksanakan salat berjamah di Bandung.

1. Masjid Raya Jawa Barat
Untuk salat jumat, masjid yang berlokasi di kawasan Alun-alun Kota Bandung baru akan melaksanakan salat jumat pada pekan depan atau 12 Juni 2020. Sedangkan untuk salat fardu berjamaah akan berjalan mulai Sabtu (6/6/2020).

"Insya Allah sabtu dibuka untuk publik untuk pelaksanana salat fardu, dimulai dengan salat zuhur berjamaah," kata Ketua DKM Masjid Raya Jawa Barat Muchtar Gandaatmaja.

2. Masjid Pusdai
Masjid yang berlokasi di Jalan Diponegoro Kota Bandung ini juga adalah masjid milik Pemprov Jawa Barat. Mulai Jumat (5/6/2020) ini, salat jumat mulai dilaksanakan di sini. Namun, pembatasan dilakukan dengan hanya membolehkan kapasitas 30 persen masjid untuk dipakai dari kapasitas 4 ribu jemaah.

"Di sini ada protokol kesehatan yang ketat bagi yang akan masuk ke dalam masjid," ujar Ketua DKM Masjid Pusdai Haerul Anam.

3. Masjid Al-Ukhuwwah
Ini merupakan masjid milik Pemkot Bandung. Lokasinya ada di Jalan Wastukancana, Kota Bandung. Jumat ini, pelaksanaan salat jumat digelar yang menandai masjid ini kembali dibuka untuk umum.

Namun, pembatasan juga diberlakukan. Dari kapasitas 3 ribu jemaah, masjid ini hanya akan dipakai untuk 1.000 jemaah. Jarak sesama jemaah juga diberlakukan dengan menandai lantai masjid sebagai pembatas.

"Masjid lainnya diharapkan juga mengikuti menjaga jarak jika ada tanda (pada lantai masjid)," ucap Ketua DKM Masjid Al-Ukhuwwah Bambang Sukardi dalam rilis yang diterima BeritaBaik.id.

Selain ketiga masjid itu, masjid lain juga ada yang mulai dibuka kembali untuk umum, termasuk di pemukiman warga. Namun, semuanya diimbau melaksanakan protokol kesehatan COVID-19.



Baca Ini Juga Yuk: Ini Hal Penting dalam Produksi Makanan Agar Tidak Terkontaminasi

Secara umum, ada beberapa aturan atau imbauan yang perlu TemanBaik ikuti. Apa saja ya?
1. Diperiksa Suhu Tubuh
Di sejumlah masjid, pengecekan suhu tubuh akan dilakukan petugas kepada jemaah yang hendak masuk ke masjid.

2. Mencuci Tangan
Hal ini juga diberlakukan di berbagai masjid. Ada juga yang menyediakan hand sanitizer di area masjid.

3. Menggunakan Masker
Meski salat, jangan lupa tetap gunakan masker ya. Sebab, ini merupakan standar protokol kesehatan. Bahkan, di beberapa masjid memberlakukan aturan sangat tegas untuk hal ini.

Di Masjid Al-Ukhuwwah misalnya, jemaah yang tidak memakai masker saat akan memasuki masjid akan diminta 'balik kanan' alias tidak diperbolehkan masuk.

4. Membawa Perlengkapan Salat Sendiri
Ini juga hal penting yang perlu kamu ikuti. Bawa perlengkapan salat sendiri ya, misalnya sajadah dan mukena bagi kaum perempuan.

5. Menjaga Jarak dan Tidak Salaman
Hal ini pun sangat penting dilakukan demi mencegah penularan dan penyebaran COVID-19. Ikuti imbauan jaga jarak yang diberlakukan di masjid. Jika tidak ada tanda pembatas, masing-masing jemaah bisa saling mengingatkan untuk menjaga jarak antara 1-1,5 meter.

Hindari juga bersalaman ya sesuai standar protokol kesehatan. Bukan tidak boleh, tapi ini demi kesehatan dan keselamatan kamu serta orang-orang di masjid.

Sementara agar lebih aman, kamu juga bisa menggunakan sarung tangan saat berada di masjid. Namun, karena akan salat, pastikan sarung tanganmu bersih dan terbebas dari najis ya, TemanBaik.

6. Jangan Memaksakan Jika Sakit
Jika kamu sedang sakit, usahakan jangan memaksakan diri datang ke masjid ya. Sebab, risiko tertular COVID-19 sangat rentan jika kamu sedang sakit. Hal paling kecil, pertimbangkan jika penyakitmu bisa saja menular pada orang lain.

Sudah tahu kan TemanBaik apa yang perlu kamu lakukan jika ingin salat di masjid? Yuk, sama-sama patuhi demi kesehatan dan keselamatan bersama!

Foto: dok. Humas Kota Bandung/Syahda Musthafa

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler