Manajemen Apresiasi #AksiBaik Warga Bantu Kebun Binatang

Bandung - TemanBaik, sejak April lalu Bandung Zoo Garden alias Kebun Binatang Bandung membuka diri menerima bantuan dari warga. Bantuan itu ditujukan bagi koleksi satwa yang ada di lokasi.

Sebab, selama pandemi virus corona atau COVID-19, jumlah pengunjung turun drastis. Bahkan, sejak 23 Maret 2020 hingga kini Bandung Zoo Ditutup. Hal itu otomatis berdampak pada hilangnya pendapatan bagi manajemen, terutama dari tiket.

Padahal, pemasukan itu sangat berguna untuk perawatan satwa di sana, mulai dari pakan hingga obat-obatan. Akibatnya, manajemen cukup kesulitan memenuhi kebutuhan satwa, terutama dari segi pakan yang harus diberikan setiap hari.

Namun, ternyata banyak loh TemanBaik yang tergerak untuk memberi bantuan, terutama dalam bentuk pakan bagi ragam koleksi satwa di Bandung Zoo Garden. Hampir setiap hari ada yang datang ke lokasi untuk memberikan bantuan.

"Sejak akhir April sampai sekarang sudah lebih dari 100 yang memberi sumbangan, baik berupa institusi, organisasi, maupun pribadi," kata Markom Bandung Zoo Garden Sulhan Syafi'i kepada BeritaBaik.id.

Hal itu jelas diapresiasi. Sebab, bantuan yang datang meringankan beban manajemen. Hal yang terpenting, kebutuhan utama satwa di sana berupa pakan sejauh ini bisa terpenuhi.



Baca Ini Juga Yuk: Satwa di Kebun Binatang Butuh Bantuanmu Nih!

Sejauh ini, kondisi pakan pun aman untuk beberapa waktu ke depan. Bahkan, stok yang ada sekarang tergolong berlebih. Karena itu, sebagian sumbangan berupa pakan dikirimkan Bandung Zoo Garden kepada kebun binatang di daerah lain yang masih di bawah naungan Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI).

"Kita di lingkungan sesama kebun binatang saling bantu sama lain. Kalau di kebun binatang lain kekurangan pakan, kita kirimkan pakan dari sini," jelas Aan, sapaan akrabnya.

Dengan cara itu, pakan dari sumbangan bisa dimaksimalkan. Sebab, jika pakan menumpuk dan tidak segera habis, justru akan busuk dan akhirnya harus dibuang.

Sementara itu, Bandung Zoo Garden sendiri belum dibuka hingga hari ini. Pihaknya masih menunggu kebijakan dari pemerintah soal kapan boleh dibuka kembali untuk umum. Namun, berbagai persiapan sudah dilakukan dan nantinya saat dibuka kembali standar protokol kesehatan akan dijalankan.

Foto: dok. Bandung Zoo Garden
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler