#AksiBaik Warga Tamansari, dari 'Leuit' hingga Ternak Lele

Bandung - TemanBaik, beragam #AksiBaik terus bermunculan di tengah pandemi virus korona alias COVID-19. Solidaritas antar sesama pun semakin menggeliat.

Salah satu #AksiBaik itu ada di kawasan RW 09 Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. Di sini ada program 'Leuit Siaga COVID-19'. Seperti apa ya aksinya? Simak ulasannya yuk!

Leuit sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti lumbung padi atau tempat menyimpan padi. Kata ini sengaja diambil karena leuit ini menjadi tempat untuk menyimpan beras dan sembako.

Sedangkan Siaga COVID-19 disematkan karena leuit ini hadir di tengah pandemi COVID-19. Sehingga, lahirlah nama 'Leuit Siaga COVID-19'.

Leuit ini hadir dengan tujuan untuk meringankan beban warga, terutama yang merasakan dampak pandemi COVID-19. Menariknya, sembako di leuit berasal dari sumbangan warga dan dibagikan untuk warga sekitar. Kata kuncinya, program ini lahir dari warga untuk warga.

"Sejak ada pandemi, kita membentuk Satgas Siaga COVID-19 di sini yang fungsinya untuk menjaga keamanan lingkungan dan pangan. Leuit ini salah satu program di bidang ketahanan pangan," kata Ketua RW 09 Kelurahan Tamansari Didin Zaenudin kepada BeritaBaik.id.




Dengan hadirnya 'Leuit Siaga COVID-19', warga yang terdampak bisa merasakan manfaatnya secara langsung. Contohnya, saat menjelang Ramadan lalu, dari leuit ini berhasil membagikan sembako bagi 420 KK. Paket itu berisi beras, minyak, mi instan, hingga gula.

Diakui Didin, adanya pandemi COVID-19 memang berdampak luar biasa pada warga sekitar. Sebab, ada yang pendapatannya berkurang hingga kehilangan pekerjaan. Otomatis mereka membutuhkan uluran tangan dari sesama warga sekitar.

Hebatnya, menurutnya warga sekitar juga tergerak. Mereka yang tergolong mampu mengeluarkan bantuan, baik berupa bahan makanan hingga uang.

"Malah enggak cuma warga di sini aja, ada juga dari pihak luar, termasuk sumbangan dari warga yang pernah tinggal di sini. Banyak yang sukarela ikut nyumbang," jelas Didin.

Program Leuit Siaga COVID-19 ini pun terus berjalan hingga kini. Namun, di luar itu, ternyata ada beberapa kegiatan lain yang dilakukan pengurus dan warga RW 09.

Contohnya, di sini ada peternakan lele. Hasil dari ternak itu dibagikan kepada warga sekitar yang membutuhkan saat panen. Ada juga program berkebun umbi-umbian yang juga hasilnya dipakai untuk warga. Kedua program ini sudah berjalan lama. Namun, saat ini hasilnya dirasa jauh lebih maksimal karena warga terdampak COVID-19 di kawasan tersebut cukup banyak.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritaBaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler