Inovasi Tiga Kapolda Ini Dapat Apresiasi dari Kapolri

Jakarta - TemanBaik, langkah penanggulangan virus korona atau COVID-19 terus dilakukan berbagai pihak. Polisi pun ikut turun tangan.

Bahkan, ada tiga kapolda di Indonesia yang dinilai sukses dalam penanganan pandemi COVID-19 di wilayahnya masing-masing. Mereka adalah Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Fadil Imran dengan program Kampung Tangguh Semeru, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dengan program Kampung Siaga, dan dan Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Eko Indra Heri dengan Kampung Tangkal.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi memberi gambaran soal Kampung Siaga di wilayah hukumnya. Program ini bertujuan membuat masyarakat menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Warga diajak untuk mengamankan lingkungan hingga menjaga kesehatan sesuai protokol yang ada.

"Masyarakat bisa mengamankan kampungnya dengan menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Sehingga mampu menghadapi berbagai masalah berkaitan dengan COVID-19," kata Luthfi di laman resmi Humas Polri.

Di Jawa Tengah, hingga kini sudah ada 870 Kampung Siaga COVID-19. Jumlah itu tersebar di 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Di Kampung Siaga ini terdapat rumah karantina, dapur umum, ruang isolasi, produksi jamu, hingga lumbung pangan.


Sejak dibentuk, Kampung Siaga COVID-19 ini sudah memeperlihatkan progres positif. Angka kejahatan mengalami penurunan. Pada Mei 2020 misalnya, angka kejahatan tercatat 286 kasus. Jumlah ini cukup jauh dibanding sebelumnya.

"Bulan Maret itu ada sebanyak 813 kasus, sedangkan bulan April itu ada 660 kasus, dan Mei 286 kasus. Jumlah itu baik kasus yang masih dalamproses penyelidikan maupun yang selesai," jelas Luthfi

Dibentuknya Kampung Siaga COVID-19 ini mendapat dukungan penuh dari kepala daerah di Jawa Tengah. Di Semarang misalnya, Wali Kota Hendrar Prihadi menyampaikan dukungannya. Ini jadi bentuk keseriusan dalam mengatasi pandemi.

"Di Kota Semarang didirikan 28 Kampung Siaga COVID-19, ini membuktikan kedisiplinan dari masyarakat menjadi kunci dalam menuntaskan pandemi COVID-19," tutur Hendrar.

Diapresiasi Kapolri
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis secara khusus memuji kinerja tiga kapolda tersebut melalui video conference dengan para kapolda se-Indonesia. Langkah mereka dinilai inovasi yang memiliki manfaat besar dalam mengatasi pandemi. Ia pun berharap langkah ketiga kapolda itu jadi percontohan.

"Dengan adanya inovasi itu, menjadi motivasi terhadap Polda lain untuk serius menangani virus korona yang setiap harinya selalu ada yang dinyatakan positif," kata Idham.

Ia juga mengapresiasi seluruh jajaran kepolisian yang bertugas di tengah pandemi, terutama mereka yang bertugas di jalan selama Operasi Ketupat 2020. Kinerja mereka dinilai baik.

Meski begitu, ia mengingatkan agar seluruh anak buahnya tidak cepat puas dan larut dalam pujian. Kinerja lebih baik justru harus diperlihatkan.

"Anggota Polri tidak boleh merasa puas dengan apa yang sudah diraihnya. Hasil itu justru menjadi motivasi agar bisa lebih baik lagi dari sebelumnya," tutur Idham.

Foto: Kapolri Jenderal Pol Idham Azis/dok.Divisi Humas Mabes Polri)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler