Mal di Bandung Mulai Dibuka, Perhatikan Hal Ini Ya!

Bandung - TemanBaik, mulai hari ini, Senin (15/6/2020), sekitar 20 mal di Kota Bandung kembali beroperasi lagi. Ini sebagai bagian dari new normal alias kenormalan baru.

Meski dibuka, ada beberapa aturan dan konsekuensi yang harus dipatuhi, baik oleh pengelola mal, tenant, termasuk kamu pengunjung. Apa saja yang harus dipatuhi, simak ulasannya yuk!

1. Kapasitas Mal
Setiap mal hanya boleh dikujungi 30 persen dari total kapasitas. Jadi, jika ingin masuk ke mal dan kebetulan di dalam sudah terisi kapasitas 30 persen, sabar ya untuk menunggu giliran masuk ke dalam.

2. Menerapkan Protokol Kesehatan
Ini jadi hal penting yang tak boleh diabaikan mereka di dalam mal. Pengelola mal dan tenant wajib menjalankan protokol kesehatan. Contohnya pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk, wajib memakai masker, penyediaan hand sanitizer, pembatasan pengunjung di dalam tenant, hingga wajib menjaga jarak. Bahkan, pengelola mal wajib menyediakan tim dengan alat pelindung diri (APD) lengkap dan memiliki ruang isolasi.

3. Tak Ada Kamar Pas
Jika kamu ingin membeli pakaian dan biasanya mencobanya lebih dulu di fitting room atau kamar pas, untuk sementara ini tak bisa dilakukan. Konsekuensinya, kamu harus mengira-ngira pakaian yang akan kamu cukup atau tidak.

"Untuk sementara, fitting room enggak ada," kata Kepala Dinas Perdagngan dan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah kepada BeritaBaik.id.



Baca Ini Juga Yuk: Bus AKAP dan AKAD Beroperasi Lagi di Bandung, Ada Aturan Baru

4. Tak Ada Makan di Tempat
Jika kamu kangen makan di mal, terutama makan di tempat, tahan diri dulu. Sebab, tenant penjual makanan dan minuman tidak diperbolehkan melayani makan di tempat selama tujuh hari ke depan.

Meski begitu, kamu tetap bisa makan atau minum kegemaranmu yang ada di mal kok. Itu karena area penjual makanan dan minuman tetap buka, tapi hanya melayani take away alias dibawa pulang. Jika ingin makan di area mal, cari saja tempat yang dirasa nyaman ya.

Nantinya, setelah tujuh hari, akan dievaluasi oleh Pemkot Bandung apakah layanan makan di tempat boleh dibuka atau tidak. Jadi, sabar ya jika ingin makan di mal.

5. Sanksi
Agar aturan yang ada dipatuhi, ada sanksi yang disiapkan. Pengunjung yang tidak menjalankan protokol kesehatan tidak boleh masuk, misalnya tidak memakai masker. Mal atau tenant juga akan ditutup jika mengabaikan aturan yang sudah disepakati bersama antara Pemkot Bandung organisasi pengelola mal.

"Jika kesalahannya ada di tenant, misalnya ada yang enggak pakai masker di dalamnya atau terjadi kerumunan, itu akan langsung kita tutup lagi tenant-nya. Jika kesalahannya dari pengelola mal, misalnya orang masuk enggak dicek suhu tubuh, mal akan kita tutup kalau enggak ada perubahan dalam tiga hari," jelas Elly.

Sudah tahu kan TemanBaik jika ke mal di Kota Bandung harus mematuhi apa saja? Intinya, jaga diri dengan menjalankan protokol kesehatan ya sejak kamu pergi dari rumah, di perjalanan, di mal, hingga kembali lagi ke rumah.

Foto: Djuli Pamungkas/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler