Segera Dibuka Lagi, Tempat Wisata di Bandung Benahi Fasilitas

Bandung - TemanBaik, sudah kangen berwisata enggak, terutama ke Kota Bandung? Dalam beberapa waktu ke depan, tempat wisata akan segera dibuka loh.

Persiapan pun sudah mulai dilakukan. Sebab, tempat wisata nantinya wajib menerapkan protokol kesehatan dan berbagai langkah lainnya demi meminimalisir penyebaran serta penularan virus korona atau COVID-19.

Salah satu yang melakukan persiapan adalah Bandung Zoo Garden alias Kebun Binatang Bandung. Di sini, salah satunya disiapkan pembatasan antrean. Sehingga, saat kembali beroperasi, antrean di pintu akan membuat pengunjung berjarak satu sama lain.

Pintu masuk dan keluar juga akan dikonsentrasikan di satu titik, yaitu di pintu 3 atau gate garuda yang memiliki area parkir cukup untuk 100 mobil. Keluar-masuk pengunjung juga akan diatur. Sehingga, maksimal jumlah pengunjung di area dalam hanya 30 persen dari kapasitas.

"Dengan metode masuk dan keluar di satu titik, pengunjung selalu terkontrol," kata Markom Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafi'i, Jumat (19/6/2020).

Baca Ini Juga Yuk: Mal di Bandung Mulai Dibuka, Perhatikan Hal Ini Ya!

Saat kembali dibuka, juga akan ada prosedur yang diberlakukan, mulai dari pengecekan suhu tubuh pengunjung hingga penempatan bangku secara berjarak dan menyilang. Persiapan lainnya, animal show atau pertunjukkan satwa kembali dilakukan.

Para satwa dilatih agar terbiasa kembali tampil di depan publik setelah selam tiga bulan terakhir tak ada pengunjung. Secara fisik atau infrastruktur juga dilakukan persiapan, mulai dari perbaikan kandang hingga fasilitas bagi pengunjung.

"Memang Kebun Binatang Bandung belum mendapat kepastian kapan dibuka. Tapi kita sudah menempuh prosedur yang harus ditempuh," ucap Aan, sapaan akrabnya.

Akan Dibuka Saat Pengelola Siap
Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan tempat wisata bisa kapan saja dibuka. Namun, hal itu akan tergantung dari hasil evaluasi yang setiap harinya dilakukan.

Hal yang terpenting, pengelola tempat wisata wajib menyiapkan dan menjalankan protokol kesehatan. Jika semuanya sudah terpenuhi, kemungkinan memberi izin tempat wisata dibuka kembali akan diberikan secepatnya.

"Kita juga sekarang terus melakukan pengecekan untuk melihat kesiapan mereka (pengelola tempat wisata). Ini jadi bahan untuk evaluasi (kapan akan dibuka)," ucap Oded di Balai Kota Bandung.

Namun, ia memberi gambaran jika nanti tempat wisata dibuka lagi. Salah satu poinnya, jumlah pengunjung akan dibatasi. Jadi, sabar untuk antre jika nanti kamu harus menunggu giliran masuk ke tempat wisata karena kuota pengunjung sudah penuh.

Foto: ‎dok. Kebun Binatang Bandung
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler