Bijak di Tengah Kenormalan Baru Demi Hindari Kriminalitas

Jakarta - TemanBaik, di tengah fase new normal alias kenormalan baru, saat ini banyak orang mulai beraktivitas seperti biasa. Namun, di saat yang sama, ternyata tingkat kriminalitas juga mengalami peningkatan.

Karena itu, kamu sebaiknya bijak dalam menjalani kehidupan di fase kenormalan baru ini. Sehingga, kamu bisa meminimalisir menjadi korban kejahatan.

"Hal inilah yang menjadi permasalahan karena dengan meningkatnya aktivitas masyarakat, tentunya tidak luput dari para pelaku kejahatan," kata Karo PenmasDivisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di laman Humas Polri.

Salah satu sikap bijak adalah tidak memakai barang atau perhiasan mencolok, terutama saat beraktivitas di luar rumah. Sebab, dengan tampil mencolok, tentu jadi salah satu pemancing bagi pelaku kejahatan untuk berbuat jahat. Itu karena selain niat jahat, ada kesempatan di depan mata untuk berbuat jahat.

Kamu juga disarankan untuk meningkatkan kewaspadaan, misalnya saat melewati jalanan yang sepi. Berbagai antisipasi lain juga sebaiknya dilakukan, misalnya memastikan kendaraan dikunci.

"Tentunya masyarakat harus mulai berhati-hati jika menggunakan perhiasan, kendaraan bermotor saat melewati jalan yang sepi di malam hari dan kurang penerangan, serta meninggalkan kendaraan atau rumah harus pastikan betul-betul terkunci, khususnya roda dua untuk diberikan kunci ekstra," jelas Awi.

Soal angka kejahatan, secara umum di masa transisi kenormalan baru ini meningkat pada akhir Mei sampai Juni ini. Salah satunya penyebabnya adalah akibat masyarakat kembali meningkat di luar rumah.

Meski angka kriminalitas meningkat, Awi mengatakan Polri tetap hadir untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat. Ia pun meminta masyarakat untuk sama-sam menjaganya. Sebab, keamanan dan ketertiban juga akan tergantung dari masyarakat itu sendiri.

"Tentunya peran serta masyarakat sangat dibutuhkan. Saat ini Polri bekerja sama dengan TNI, pemerintah daerah, sekuriti dan keamanan swadaya untuk bersama-sama menjaga agar situasi menjadi kondusif," pungkas Awi.

Foto: Brigjen Awi Setiiyono/dok. Humas Polri/www.humas.polri.go.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler