Begini Tips Bijak untuk Pergi ke Pusat Perbelanjaan

Jakarta - TemanBaik, saat ini berbagai mal atau pusat perbelanjaan di beberapa daerah sudah mulai dibuka kembali. Sehingga, warga bisa ke pusat perbelanjaan, baik untuk belanja, makan, sekadar jalan-jalan, atau tujuan lainnya.

Namun, karena masih berada dalam situasi pandemi virus korona alias COVID-19, tentu datang ke mal kali ini akan berbeda dibanding sebelum pandemi. Berbagai aturan ketat sesuai protokol kesehatan wajib diterapkan. Pengelola mal wajib menjalankan, warga juga harus mengikutinya. Tujuannya demi kesehatan dan keselamatan bersama.

Mal sendiri diwajibkan membatasi jumlah pengunjung, memeriksa suhu tubuh pengunjung sebelum masuk, melarang pekerja atau pengunjung masuk jika suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat selsius, semua yang masuk ke dalam mal wajib memakai masker, hingga pembatasan jam operasional.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan panduan protokol kesehatan di pusat perbelanjaan tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 382 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum. Surat keputusan ini sudah dikeluarkan sejak 19 Juni lalu.

Pengelola mal dan tenant wajib menerapakan jaga jarak antar etalase, antrean kasir, tangga eskalator dan lift juga harus diatur dengan batas minimal satu meter. Pengelola juga wajib mengatur dan mencegah terjadinya kerumunan.


Lalu, bagaimana dengan pengunjung? Ada beberapa hal yang tentu harus diperhatikan. Jika sayang terhadap diri sendiri dan peduli pada orang lain, ikuti aturan dan anjuran yang ada ya! Apa saja?

1. Pastikan dalam Kondisi Sehat
Reisa mengingatkan agar bagi kamu yang akan pergi ke mal sebaiknya dalam kondisi sehat. Sebab, jika sedang tidak sehat, justru potensi tertular virus korona atau penyakit lainnya akan semakin terbuka.

"Bagi kita yang terpaksa dan penting sekali harus ke mal, tolong perhatikan. Pastikan kita dalam kondisi yang sehat," ujar Reisa dilansir di laman www.covid19.go.id.

Apalagi jika kamu memperlihatkan gejala COVID-19, usahakan jangan memaksakan diri ke mal ya. Justru, tetaplah berada di rumah dan segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan.

2. Gunakan Masker dan Rajin Cuci Tangan
Ini jadi hal yang tak kalah penting. Saat pergi ke mal, gunakan masker dan rajin-rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Khusus pengugnaan masker, pakai sejak dari rumah, di perjalanan, di dalam mal, hingga tiba kembali di rumah.

"Hindari menyentuh area wajah, seperti mata, hidung, dan mulut, apalagi kalau belum cuci tangan. Tetap jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain," ucap Reisa.

3. Cerdik Memilih Opsi Belanja
Jika ternyata saat di mal toko yang ingin kamu datangi cukup padat dengan aktivitas orang, sebaiknya hindari masuk ke dalamnya. Jika tetap ingin masuk ke dalamnya, tunggu sampai kondisinya memungkinkan ya. Sehingga, kamu tidak berada dalam antrean padat atau berdesakan untuk memilih belanjaan.

Namun, ada trik lain yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memaksimalkan belanja secara daring. Apalagi saat ini banyak toko yang melayani pembelian daring.

"Jangan dipaksakan. Cari alternatif tempat lain atau pilih opsi belanja online atau secara daring," jelas Reisa.

4. Pilih-pilih 'Partner'
Ini tentu harus jadi perhatian kamu jika ingin ke mal. Hindari membawa orang berisiko tinggi atau rentan, seperti ibu hamil, balita, anak-anak, lansia, penderita penyakit penyerta, serta penyandang disabilitas. Karena itu, pilih-pilih 'partner' atau rekan untuk berbelanja ya.

Foto: dr. Reisa Broto Asmara/dok. Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional COVID-19

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler