Organisasi Dunia Nilai Ridwan Kamil Terbaik Tangani Covid-19

Bandung - TemanBaik, tahu kan dengan sosok Ridwan Kamil? Ya, pria yang akrab disapa Kang Emil itu kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

Banyak prestasi dan penghargaan yang dia raih, baik sebagai arsitek, wali kota, termasuk jabatannya saat ini. Penghargaan yang diraih pun berasal dari lokal, nasional, bahkan hingga internasional.

Kali ini, Emil mendapat pengakuan atas kinerjanya dalam menangani pandemi virus korona alias COVID-19 di Jawa Barat. Ia dinilai sebagai kepala daerah setingkat gubernur di Indonesia yang paling baik dalam penanganan COVID-19.

Penilaian itu disampaikan Kepala UNDP Indonesia Christophe Baheut dalam acara NextGenGov Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) daring yang digelar Jumat (26/6/2020). Acara ini secara umum membahas upaya dan langkah-langkah strategis seorang pemimpin menghadapi tantangan besar seperti pandemi COVID-19.

Emil sendiri menurut Baheut membagi pengalaman lapangannya dalam menangani COVID-19. Baheut menilai Emil melakukan pendekatan ilmiah yang berangkat dari data lapangan serta menyampaikannya secara transparan kepada publik sebagai etos kerja.

"Gubernur Ridwan Kamil berbagi pendekatan dan hasil untuk merespon COVID-19 berdasarkan sikap proaktif, sains, transparansi, kemitraan, dan inovasi. Ini pengalaman nyata yang berharga dibagikan (Ridwan Kamil) di acara Summit untuk mengubah (wajah) pemerintahan," kata Baheut dalam keterangannya.

Baca Ini Juga Yuk: Pentingnya Jadi Pelaku UKM yang Peka ala Ridwan Kamil

Suami Atalia Praratya itu juga dinilai membuat pembahasan menarik terkait sikap dan perilaku yang harus dibutuhkan oleh aparatur sipil negara (ASN). Sehingga, mereka mampu bertindak lebih gesit dan proaktif sepanjang dan setelah masa pandemi COVID-19.

KTT daring NexGenGov sendiri menghadirkan berbagai pihak,mulai dari Menteri Pendidikan Bangladesh Dipu Moni, anggota Komisi Keuangan India Anoop Singh, Senator Filipina Pia S. Cayetano, dan Deputi Monitoring Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan BappenasTaufik Hanafi.

Bukan Kali Pertama
UNDP ternyata bukan kali ini memberikan pujian atau penilaian kepada Emil. Sebelumnya, Emil juga diapresiasi terkait penanganan COVID-19.

Pada April 2020 lalu, Baheut pernah mengatakan Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang paling terdampak COVID-19. Namun, UNDP melihat banyak respon baik yang dilakukan Jawa Barat di bawah kepemimpinan Emil.

"Kami sudah melihat bagaimana pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat merespon dan bertindak (saat pandemi) dan kami menemukan banyak aksi (kebijakan) menarik. Pekerjaan kalian (;awa Barat),misalnya aplikasi PIKOBAR, ini sangat futuristik, menunjukkan bagaimana pemerintah daerah bekerja di masa depan," ucapnya.

"Setelah COVID-19 berakhir, ini akan menjadi cara pemerintah daerah bekerja secara digital dan cara kerja kalian akan menjadi pemimpin dalam inovasi," tutur Baheut.

Sementara itu, Baheut mengatakan, UNDP Indonesia bekerja sama dengan pemerintah pusat terus mendukung warga Indonesia dalam melawan COVID-19. Setelah mengamati dampak kesehatan dan sosial-ekonomi, UNDP memberikan masukan dan rekomensdasi kepada pemerintah daerah di berbagai tempat.

"Mendengar (paparan) langsung dari anda (Ridwan Kamil), sungguh luar biasa. Seperti yang anda sebut, kita masih mencoba menemukan solusi yang tepat, itu sebabnya setiap hari kita semua masihbelajar danada banyak pelajaran yang didapat dari Jawa Barat yang bisa kami bagi kepada pemerintah daerah lain di Indonesia maupun (kawasan) Asia Pasifik," pungkas Baheut.

Foto: dok. Humas Jawa Barat

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler