Tak Hanya Australia, Indonesia Juga Punya Kanguru Loh!

Merauke - TemanBaik, selama ini kanguru lebih dikenal sebagai hewan khas Australia. Namun, tahu enggak jika Indonesia juga punya kanguru? Mau tahu lebih lengkap? Simak ulasannya yuk!

Kanguru ini ada di tanah Papua sehingga disebut kanguru Papua. Ia adalah binatang marsupials atau mamalia berkantung. Pertama kali, hewan ini dilihat para awak kapal layar Belanda 'The Trinton' yang sedang berlayar di pantai utara Papua Barat menuju Papua Nugini pada 1826.

Empat spesimen kanguru pohon ini kemudian diambil spesimennya ke Eropa dan diteliti. Dilansir laman Indonesia.go.id, oleh ahli taxologi Salomon Miller, kanguru pohon ini kemudian diberi nama ilmiah Dendrogalus untuk kanguru pohon Papua dan Thylogale untuk kanguru tanah Papua.

Kedua kanguru itu diklasifikasikan dalam family Macropodidae yang berbeda dengan kanguru asal Australia dan walabi. Setelah penelitian itu, beberapa peneliti Eropa ramai berdatangan untuk melakukan penelitian.

Baca Ini Juga Yuk: Kebun Binatang Bandung Dibuka Kembali Mulai Hari Ini

Bedanya dengan Kanguru Australia
Sepintas, memang ada kemiripan antara kanguru Papua dan Australia. Namun, tentu ada beberapa perbedaan. Salah satunya dari segi berat tubuh, kanguru Papua memiliki bobot 6-20 kilogram. Bahkan, ada yang sangat kecil dengan berat 3 kilogram. Sedangkan kanguru Australia rata-rata memiliki berat 50-80 kilogram.

Untuk lompatan kaki, kanguru Papua hanya mampu mencapai lompatan setinggi 22 sentimeter. Sedangkan kanguru Australia lompatannya bisa dua hingga tigakali lipat lebih tinggi.

Kedua jenis kanguru di Papua juga memiliki perbedaan mendasar. Untuk kanguru tanah, hidupnya lebih banyak di tanah. Sedangkan untuk kanguru pohon, hidupnya lebih banyak hidup pohon.

Untuk kanguru tanah pun terbagi lagi. Ada Thylogale brunii atau disebut juga Dusky pademelon dan Thylogale stigmata atau Red-legged pademelon. Thylogale brunii merupakan kanguru terkecil di dunia dengan berat 3-6 kilogram serta panjang mencapai 90 sentimeter dan lebar 50 sentimeter.

Hewan ini bisa ditemukan di dataran rendah Papua, Taman Nasional Wasur (Merauke), Taman Nasional Lorentz (Mimika) dan juga di Papua Nugini. Sedangkan Thylogale stigmata hidup di beberapa pantai selatan Papua. Kanguru ini berwarna kuning kecoklatan.

Sementara untuk genus Dendragolus atau kanguru pohon, terbagi ke dalam enam spesies, yaitu Dendrolagus god fellow (kanguru pohon hias), Dendrolagus mbaiso (dingiso), Dendrolagus dorianus (kanguru pohon ndomea), Dendrolagus ursinus (Vogelkop tree), Dendrolagus inustus (kanguru wakera), dan Dendrolagus stellarum.

Nah, informasi lainnya, kanguru Papua ini juga jadi maskot Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua loh, bersamaan dengan cendrawasih. Salah satu pertimbangannya tentu karena kedua satwa ini merupakan satwa khas dan unik.

Selain itu, pemilihan dua satwa ini menjadi maskon adalah untuk menggugah kesadaran publik bahwa hewan ini hampir punah serta perlu dilestarikan. Bahkan, jumlahnya sangat mengkhawatirkan, populasinya saat ini diperkirakan tak lebih dari 15 ekor saja.

Foto: Kanguru pohon Papua (Pesona Indonesia/Indonesia.go.id)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler