#AksiBaik Fakultas Ekonomi UM, Bantu Kembangkan Wisata Sejarah

Malang - Tim pengabdian masyarakat dari Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang belum lama memberikan bantuan dana pembangunan wisata religi makam "Mbah Onggo", Kampoeng Heritage di Kota Malang.

#AksiBaik tersebut merupakan program pengabdian masyarakat yang diberikan untuk membantu meningkatkan keindahan dan melengkapi fasilitas yang ada di wisata sejarah Kota Malang tersebut.

Program pengabdian masyarakat ini didukung penuh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang sebagai salah satu bentuk penerapan tridharma perguruan tinggi.

"Ini merupkaan salah satu pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh LP2M Universitas Negeri Malang. Kami mengajukan proposal pengabdian masyarakat dengan objek wisata religi makam Mbah Onggo yang ada di Kampoeng Heritage ini," ungkap salah seorang anggota tim pengabdian masyarakat FE UM, Vidya Purnamasari, S.E., M.Sc.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Pelaksanaan UTBK di Malang dengan Protokol Kesehatan

"Terdapat tahapan seleksi, di-review proposalnya oleh reviewer ternama, dan akhirnya kita merupakan salah satu judul yang lolos dan diterima," imbuhnya.

Bersama Santi Merlinda, S.E., M.E., Vidya memberikan dana pembangunan tersebut untuk membuat papan nama dan ringkasan biografi Mbah Onggo di depan makamnya.

Menurut Vidya, hal ini diputuskan karena makam tetua tersebut belum ada identitasnya, sehingga akan lebih baik jika situs bersejarah tersebut diberi identitas dan pengenalan.

Dengan begitu, pengunjung atau masyarakat di sekitar Kota Malang dapat mengenal siapa Mbah Onggo, tetua Kampoeng Heritage tersebut dan mengapa sosoknya sangat dihormati.

"Kami telah berkoordinasi dengan ketua RW. Kampoeng Heritage ini sudah memiliki desain bentuk atas beberapa spot yang potensial untuk dibangun fasilitas Kampoeng Heritage. Kami diberi kesempatan untuk memilih desain desain tersebut, dan akhirnya kami memilih pembangunan identitas Mbah Onggo ini," tambahnya.

Jumlah bantuan yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat FE Universitas Negeri Malang tersebut berupa dana pembangunan sebesar Rp8 juta. Sedangkan untuk pembangunannya diserahkan kepada warga Kampoeng Heritage.

"Berupa dana tunai sebesar Rp8 juta. Nanti pengerjaannya akan diurus oleh warga Kampoeng Heritage sepenuhnya, kami bekerjasama dan gotong royong," ujar Edy selaku Ketua RW yang melingkupi Kampoeng Heritage.

"Dengan bantuan dari FE UM ini saya mewakili warga mengucapkan terimakasih atas bantuannya, kami sudah menerima dan disaksikan oleh banyak warga di sini. Semoga bermanfaat bagi kita semua," lanjutnya.

Vidya mengatakan, pihaknya cukup puas karena telah ikut berkontribusi terhadap lingkungan melalui universitas.

"Kampoeng ini memiliki potensi yang besar, jika pengolahan dan pembangunan baik dan terus digencarkan, wisata sejarah ini bisa menjadi ikon Kota Malang," pungkasnya.

Foto: dok. Universitas Negeri Malang

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler