Gelar Ospek Daring, Prabu UNPAD Siapkan Ilustrasi Komik

Bandung - TemanBaik, di era pandemi ini hampir semua kegiatan jadi serba daring. Mulai dari dunia pekerjaan hingga pendidikan masih belum terlaksana sepenuhnya. Hal tersebut karena kegiatan masih harus dibatasi. 

Salah satu hal yang sedang menjadi sorotan adalah dunia pendidikan. Berdasarkan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, seluruh kegiatan pendidikan tingkat sekolah maupun perguruan tinggi tetap belangsung secara daring, setidaknya hingga akhir tahun 2020.

Salah satu kegiatan yang harus menyesuaikan jadwal dan bentuk pelaksanaannya adalah kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau dikenal dengan istilah 'Ospek'.

Momen penyambutan dan perkenalan bagi mahasiswa baru di tahun 2020 ini harus dilaksanakan tanpa tatap muka, alias secara daring. Tapi, apakah benar bila kegiatan ini dilakukan secara daring akan jadi membosankan?

Terkait hal tersebut, Beritabaik.id menemui Ernest Alija Ash Shiddiqi, Project Officer (PO) Penerimaan Raya Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran 2020 atau lebih dikenal dengan Prabu Unpad 2020.

Sesuai arahan, bagian kemahasiswaan Unpad yang mengharuskan pelaksanaan program penerimaan mahasiswa baru tahun ini dengan sistem daring dan tetap di rumah saja.

"Sistemnya online based. Semuanya akan dilakukan secara daring, tidak akan membuat mahasiswa baru itu datang ke suatu tempat. Mereka akan berdiam di rumah, dan tetap mendapatkan materi-materi yang nanti akan kita sampaikan," jelas Ernest

Baca Ini Juga Yuk: Begini Pelaksanaan UTBK di Malang dengan Protokol Kesehatan

Untuk teknis pelaksanaan sendiri, Ernest dan tim panitia Prabu Unpad bekerja sangat keras dalam membuat konsep dan sistem yang menarik pada kegiatan kali ini.

Salah satu konten yang paling menarik di Prabu Unpad tahun ini, sudah mulai mereka "bocorkan" melalui beberapa unggahannya melalui akun resminya di Instagram.

Beberapa unggahan tersebut berisi informasi, "Prabu 2020 Mencari Ilustrator Webtoon Prabu".Hal tersebut cukup menarik dan membuat para calon mahasiswa baru Unpad bertanya-tanya.

Salah satu "bocorannya", jika biasanya informasi yang biasa diberikan ketika ospek melalui kakak angkatan yang menjadi panitia, sekarang dihadirkan lewat bentuk ilustrasi komik dengan cerita bergambar.

Tentu hal ini hanya akan TemanBaik temukan di Prabu Unpad tahun ini. Ernest sebagai PO juga tak bicara banyak soal ini, dia ingin hal ini menjadi sebuah kejutan bagi para calon mahasiswa baru.

Ernest sebagai PO Prabu Unpad tahun ini tak menyangka akan mendapatkan tantangan besar yang belum pernah ada di Prabu sebelumnya, yaitu Prabu dengan sistem daring.

Hal yang pasti, meski tak menghadiri ospek secara langsung datang ke kampus dan tatap muka, para calon mahasiswa baru tidak perlu berkecil hati.

Baik tim panitia Prabu Unpad maupun tim panitia ospek dari kampus lain, tentu berusaha semaksimal mungkin untuk menyampaikan informasi yang dibutuhkan nantinya ketika memasuki dunia kampus

"Inginnya, apa yang kita sampaikan membantu ya untuk mahasiswa baru. Apalagi dengan kondisi mereka secara fisik tidak pernah datang ke kampus. Semoga dapat memberikan bagaimana gambaran kehidupan kampus, dan juga mempersiapkan mereka lewat tips-tips menjadi mahasiswa," tutur Ernest

Jadi, buat TemanBaik yang di tahun 2020 ini menjadi calon mahasiswa baru, tetap semangat menjalankan masa ospek nanti, ya!

Foto: dok. www.instagram.com/ruangkreasiprabu

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler