Tambahan Semangat Atasi COVID-19 dari PMI Kota Bandung

Bandung - TemanBaik, pandemi COVID-19 alias virus korona masih belum berakhir hingga kini. Berbagai pihak terus melakukan berbagai upaya penanggulangan dan pencegahan.

Hal itu juga yang dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung. Terhitung Rabu (22/7/2020) ini, PMI Kota Bandung memiliki Posko COVID-19. Kenapa sih baru ada sekarang?

PMI sendiri sebenarnya sudah melakukan berbagai langkah dalam mengatasi pandemi COVID-19 di Kota Bandung sejak awal-awal pandemi. Di antaranya melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai lokasi hingga sosialisasi seputar protokol kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Dengan adanya posko, apa yang dilakukan akan lebih terorganisir. Apalagi, ada ruangan khusus yang kini dijadikan posko, di dalamnya terdapat sejumlah fasilitas, salah satunya ruangan administrasi dan informasi. Selain itu, yang membedakan adalah hadirnya ambulans khusus COVID-19.

Ambulans ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa waktu lalu, tapi baru resmi dioperasionalkan hari ini. Sebab, seluruh peralatan di dalamnya sudah lengkap untuk membawa pasien COVID-19.

"Tujuan kegiatan ini (peresmian posko) untuk mengupayakan agar tidak terjadi lagi penyebaran COVID-19, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang PHBS, menyosialisasikan protokol kesehatan COVID-19 kepada masyarakat melalui promosi kesehatan yang masif dan berkesinambungan, dan lain-lain," kata Ketua PMI Kota Bandung Ade Koesjanto.



Baca Ini Juga Yuk: Inovasi Polda Jabar, Bikin RHK ala 'Moto GP'

Di Kota Bandung, sejauh ini penanganan COVID-19 terus berjalan. Sebab, jumlah kasus masih belum berhenti hingga kini. Kerja keras berbagai pihak juga terus dilakukan.

Hadirnya Posko COVID-19 PMI Kota Bandung pun menjadi tambahan energi tersendiri, terutama bagi Pemkot Bandung dalam menanggulangi COVID-19. Itu karena 'perang' melawan COVID-19 jelas belum selesai. Masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesakan agar pandemi bisa berakhir.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada PMI Kota Bandung yang punya semangat luar biasa. Selama ini mereka sudah bekerja 4-5 bulan menangani COVID-19, tapi masih memiliki semangat luar biasa," ucap Wali Kota Bandung Oded M. Danial.

Rencananya, posko tersebut akan ada hingga akhir tahun ini. Hadirnya posko itu juga diharapkan jadi penyemangat tambahan seluruh elemen di Kota Bandung dalam mengatasi COVID-19.

"Saya berharap mudah-mudahan dengan hadirnya posko ini menjadi spirit tambahan bagi Kota Bandung untuk memerangi COVID-19 ini," harap Oded.



Dalam kesempatan yang sama, secara khusus Oded juga kembali mengingatkan soal pentingnya warga disiplin menjalankan protokol kesehatan. Sebab, itu jadi hal utama dalam mencegah penularan dan penyebaran COVID-19.

Faktanya, saat ini sebagian orang mulai abai terhadap protokol kesehatan, contohnya ada yang tak menggunakan masker di tempat umum. Kebiasaan mencuci tangan juga sudah mulai berkurang, termasuk menjaga jarak dengan orang lain.

"Ini harus terus dipantau dan kita beri edukasi kepada warga. Kalau masyarakat disiplin, insya Allah COVID-19 akan menurun, bahkan akan hilang," jelas Oded.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler