Begini Cara Mengenali Hewan Layak Kurban dari Giginya

Bandung - TemanBaik, jika kamu ingin membeli hewan kurban, tentu ada beberapa syarat yang harus terpenuhi. Salah satunya adalah dari usia calon hewan kurban, berupa sapi, kambing, atau domba.

Kambing atau domba yang akan dijadikan hewan kurban memiliki usia minimal satu tahun. Sedangkan sapi minimal berusia dua tahun. Namun, tak semua paham cara membedakan umur hewan ini.

Bahkan, terkadang ada pedagang nakal yang menjual hewan kurban. Meski belum mencapai usia sesuai syarat kurban, hewan kurban itu justru dijual. Akibatnya, secara syariat, tentu hewan itu tak sah dijadikan hewan kurban.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar mengakui di Kota Bandung terdapat sejumlah pedagang yang menjual hewan kurban tak sesuai syarat kurban. Hal yang terbanyak adalah hewan kurban belum mencapai umur untuk dikurbankan.




Petugas Dispangtan sendiri hingga 27 Juli 2020 sudah memeriksa hingga 12.826 ekor hewan kurban di berbagai titik penjualan di Kota Bandung. Dari jumlah itu, sekitar 12 persen di antaranya dinyatakan tidak layak dijual karena tidak memenuhi syarat hewan kurban.

"Dari 12 persen itu, sekitar 10 persennya karena belum cukup umur, sisanya karena penyakit. Hal yang jelas hewan kurban yang dijual tapi belum cukup itu paling dominan," kata Gin Gin.

Dari 3.828 ekor sapi yang diperiksa, sebanyak 175 ekor di antaranya dinyatakan tidak layak jual. Dari 175 ekor itu, 144 ekor di antaranya karena belum mencapai usia untuk dijadikan hewan kurban. Sedangkan sisanya dinyatakan tidak layak karena sakit.

Untuk domba, yang diperiksa ada 8.878 ekor. Dari jumlah itu, 1.257 ekor dinyatakan tidak layak jual. Ada yang tidak cukup umur tapi sudah dijual mencapai 1.077 ekor dan sisanya karena tidak sehat. Sedangkan dari 20 ekor kambing, yang dinyatakan tidak layak jual ada empat ekor.

Agar bisa menandakan hewan yang dijual itu layak dan sehat untuk dijadikan hewan kurban, ciri paling utama adalah terdapatnya kalung sehat. Sedangkan hewan tak layak jual sudah ditandai dengan semacam cat berwarna hijau agar bisa dikenali calon pembeli.

Hewan kurban yang tak layak jual itu pun dipastikan dipisahkan tempatnya dengan hewan kurban lain. Khusus untuk yang sakit akan diobati dan bisa mendapat kalung sehat jika kemudian dinyatakan sembuh usai diperiksa kembali.

Gigi dan Umur Hewan Kurban
Jika TemanBaik ingin membeli hewan kurban, ada lima syarat yang harus dipenuhi. Hewan kurban harus sehat, tidak cacat, tidak kurus, berkelamin jantan (tidak dikebiri serta buah zakar lengkap dan simetris), kemudian cukup umur.

Secara umum, syarat di atas menurut Gin Gin bisa dikenali. Apalagi bagi yang berpengalaman, melihat sepintas pun bisa mengetahui bahwa hewan kurban itu layak atau tidak.

"Secara umum msayarakat bisa dengan mudah melihat dari fisiknya hewan itu layak atau tidak," ucap Gin Gin.

Khusus untuk mengenal hewan kurban dari giginya, hal pertama yang harus dilakukan tentu adalah dengan membuka mulutnya. Tanda cukup umur untuk dijadikan hewan kurban biasanya ditandai dengan tanggalnya gigi susu dan tumbuh gigi tetap.

Untuk gigi domba atau kambing yang sudah cukup umur, biasanya di bagian gigi depannya terdapat satu atau dua gigi tetap. Ukuran gigi tetap ini biasanya jauh lebih besar dibanding gigi lain di sekitarnya yang masih gigi susu.

Begitu juga dengan sapi. Gigi tetap di bagian depan yang menandai sudah cukup dijadikan hewan kurban akan lebih besar dari gigi sekitarnya. Mudah kan TemanBaik? Ini bisa kamu lakukan untuk memastikan hewan itu layak dikurbankan.

Namun, jika kamu ragu-ragu, sebaiknya bawa orang yang mengerti soal hewan kurban ya. Sehingga, kamu enggak akan salah beli dan berujung hewan yang dikurbankan tak sah karena tak sesuai syariat.

Foto: Djuli Pamungkas/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler