Salat Iduladha Berjamaah, Jangan Lupa Lakukan Ini Ya!

Bandung - TemanBaik, khususnya umat muslim, Jumat (31/7/2020) besok akan merayakan Iduladha. Salat Id berjamaah pun bakal digelar di berbagai masjid dan lokasi lainnya.

Jika kamu ingin melaksanakan salat Id berjamaah, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Tujuannya demi meminimalisir penularan dan penyebaran virus korona alias COVID-19.

"Secara umum, teknis pelaksanaan salat Id di tengah pandemi ini sama dengan pelaksanaan saat Idulfitri lalu," kata Kasubag Bina Sosial Keagamaan Bagian Kesra Kota Bandung Nasrullah Jamaluddin.

Apa saja yang harus dilakukan? Pertama adalah membawa perlengkapan salat sendiri. Kedua, jaga jarak dengan orang lain di lokasi salat Id 1-2 meter. Ketiga, hindari bersalaman atau bersentuhan dengan orang lain. Hal yang jangan sampai terlewat tentu adalah memakai masker. Terakhir, bawa hand sanitizer agar kamu bisa mencuci tangan jika di lokasi tidak disediakan tempat cuci tangan dan sabun.

Baca Ini Juga Yuk: Pemkot Malang Terbitkan Aturan 'Aman' Memotong Hewan Kurban

Bagi anak-anak dan orang lanjut usia, disarankan untuk tidak melaksanakan salat Id berjamaah. Sebab, mereka tergolong rentan untuk tertular COVID-19.

Khusus di Kota Bandung, surat edaran untuk pelaksanaan salat Id sudah disebar. Sehingga, masing-masing dewan kemakmuran masjid (DKM) akan menjalankan protokol kesehatan dalam pelaksanaan salat Id.

Paling penting, DKM dan aparat kewilayahan harus menjamin keamanan dan protokol kesehatakan jika menggelar salat berjamaah. Selain itu, kapasitas tempat salat berjamaah maksimal 50 persen.

Panitia juga sudah diminta untuk memeriksa suhu tubuh jamaah. Penyediaan tempat cuci tangan dan pengaturan jarak juga harus dilakukan. Setelah salad Id selesai, segera tinggalkan lokasi dan hindari kerumunan.

Sementara untuk pelaksanaan penyembelihan dan hewan kurban, panitia diimbau menerapkan protokol kesehatan. Bahkan, proses pembagian hewann kurban disarankan untuk diantarkan kepada mustahik atau yang berhak menerima. Sehingga, tidak akan terjadi antrean untuk mendapatkan daging kurban.

TemanBaik, tetap jaga kesehatan ya! Selamat merayakan Iduladha bagi yang merayakannya.

Foto: Ilustrasi Unsplah/Siti Rahmanah Mat Daud
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler