Mengintip Semangat Paskibraka Berlatih di Tengah Pandemi

Bandung - TemanBaik, jelang peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Paskibraka Kota Bandung mulai mempersiapkan diri. Jumat (7/8/2020), mereka mulai berlatih di Plaza Balai Kota Bandung.

"Ini latihan hari ketiga, kemarin selama dua hari kita latihan di Sekretariat (Paskibraka Kota Bandung)," kata Ketua Purna Bakti Paskibraka Kota Bandung Eki Dudi Darmawan kepada BeritaBaik.id.

Idealnya, masa persiapan dilakukan sejak pertengahan Juli. Namun, pandemi COVID-19 atau virus korona, termasuk menunggu petunjuk teknis dari pihak terkait, membuat persiapan menjadi mundur dari biasanya. Sehingga, baru awal Agustus persiapan bisa dilakukan.

Dalam persiapan hari ini, terlihat ada 10 personel yang terlibat. Selain itu, ada belasan orang yang tergabung sebagai tim pelatih.

Di tengah panas yang cukup terik, para personel Paskibraka ini terlihat serius berlatih. Berkali-kali tim pelatih berteriak memberi instruksi. Sesekali, tim pelatih menghampiri personel yang dilatih agar instruksi dijalankan dengan benar.

Tak jarang, tim pelatih membetulkan setiap gerakan hingga memberi contoh agar mudah dimengerti. Mereka yang dilatih pun terlihat berkeringat dan lelah. Namun, hal itu tak membuat mereka patah semangat menjalankan instruksi tim pelatih.




Tampil dengan Gaya Baru
Karena berada di tengah pandemi, ada hal berbeda yang dilakukan Paskibraka Kota Bandung tahun ini. Dalam berlatih, mereka memakai masker dan face shield atau pelindung wajah.

Hal itu tentu bagian dari protokol kesehatan untuk meminimalisir penularan dan penyebaran COVID-19. Langkah lain juga dilakukan, mulai dari sering mencuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitizer hingga menjaga jarak satu sama lain.

"Kita berusaha mengikuti protokol kesehatan secara ketat," ucap Eki.

Hal yang berbeda lainnya, tidak ada masa karantina bagi personel Paskibraka seperti tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, ada materi yang secara khusus disampaikan secara daring.

Siapkan 20 Personel
Setiap tahunnya, upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Bandung melibatkan sekitar 100 personel Paskibraka. Mereka dibagi dua, satu tim bertugas untuk pengibaran, satu lagi untuk penurunan bendera.

Namun, karena adanya pembatasan sesuai surat edaran Mensesneg, tahun ini hanya 20 personel yang disiapkan untuk upacara pada 17 Agustus 2020 mendatang. Itu pun belum tentu semuanya akan bertugas.

Sebab, jumlah personel yang bertugas saat hari H nantinya hanya masing-masing empat orang pada pagi dan sore. Namun, teknis lebih lengkap masih menunggu informasi dari Pemkot Bandung.

"Untuk sementara ini kita hanya memanggil 20 personel. Mereka itu 20 besar dari hasil seleksi," ucap Eki.

Proses seleksi sendiri dilakukan sejak Januari lalu. Dari 800 orang berhasil disaring 100 orang terbaik. Dari 100 orang itu kemudian dikerucutkan lagi menjadi 20 besar yang kini terpilih.

Kini, di sisa waktu jelang upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, mereka akan digembleng oleh tim pelatih. Semangat! Semoga semua persiapan berjalan lancar hingga pelaksanaannya nanti.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler