Ridwan Kamil Sudah Daftar Jadi Relawan Vaksin COVID-19

Bandung - TemanBaik, rangkaian uji klinis vaksin COVID-19 akan berlangsung mulai hari ini, Selasa (11/8/2020), hingga beberapa waktu ke depan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun sudah mendaftar untuk menjadi relawan dalam uji klinis tersebut.

"Saya sudah mendaftar, (menjadi relawan vaksin) didaftarkan oleh tim kesehatan saya secara online. Jadi, kuitansi atau tanda bukti sudah ada nanti saya posting juga (di media sosial)," kata Emil dalam rilis yang diterima BeritaBaik.id.

Namun, seperti pendaftar pada umumnya, pria yang akrab disapa Emil itu belum tentu menjadi relawan. Sebab, untuk dipastikan menjadi relawan, perlu pemeriksaan lanjutan oleh tim uji klinis.

"Mendaftar sudah, tapi diterimanya belum karena masih menunggu pengumuman dari sisi kesehatan dan lain-lain bahwa saya layak dan siap jadi relawan. Mudah-mudahan lancar (diterima jadi relawan)," ungkapnya.

Sebagai orang nomor satu di Jawa Barat, Emil sendiri siap mengikuti beragam prosedur yang diberlakukan secara umum. Ia bersedia disamakan seperti pendaftar lain.

"Kalaupun iya (bisa jadi relawan), saya laksanakan sesuai prosedur, tapi tidak ada keistimewaan. Kalaupun tidak, saya permaklumkan karena ada faktor-faktor kesehatan yang diperhatikan," ujarnya.

Baca Ini Juga Yuk: Fakta Thermo Gun, Simak Agar Tak Gagal Paham Yuk!

Hilangkan Stigma Rakyat Dikorbankan
Emil punya alasan khusus kenapa bersedia menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19. Ia ingin masyarakat yakin bahwa uji klinis fase 3 itu dilakukan secara ilmiah dan demi kemaslahatan bersama.

Hal itu juga untuk menepis anggapan rakyat dikorbankan karena jadi relawan. Dengan dirinya mendaftar, anggapan itu diharapkan luntur dengan sendirinya.

"Jadi, tidak ada istilah rakyat dikorbankan. Semua juga ikut. Maka, gubernur ikut dalam proses ini dan kalau berhasil nanti saya sampaikan berhasil untuk diproduksi, dan kalau tidak berhasil saya sampaikan kurang berhasil," jelas Emil.

Ia pun mengajak masyarakat untuk berpikir positif. Apa yang dilakukan pemerintah, khususnya dalam uji klinis vaksin, adalah salah satu langkah untuk mengatasi pandemi.

"Yakini bahwa pemerintah memberikan yang terbaik kepada masyarakat melalui proses yang kita tunggu-tunggu, yaitu hadirnya vaksin ini," pintanya.

Sementara itu, rangkaian proses uji klinis hari ini akan dipantau langsung Presiden Joko Widodo. Rencananya, Jokowi akan menggunakan pesawat dan mendarat di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung.

Dengan didampingi Emil, Jokowi akan lebih dulu melakukan pertemuan dengan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Barat di Makodam Siliwangi. Selanjutnya, kunjungan akan dilanjutkan ke ruang produksi vaksin di Kantor PT Biofarma dan ke lokasi vaksinasi di Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Foto: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/dok. Humas Jawa Barat)
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler