Menjelajah Sejarah Indonesia Lewat Pameran Arsip Virtual

Jakarta - TemanBaik, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 di tahun 2020 ini, Kementerian Sekretariat Negara bersama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan pameran loh!

Tenang saja, untuk melihat pameran ini TemanBaik tidak perlu repot keluar rumah dengan memakai masker serta membawa semua keperluan kebersihan. Karena pameran ini bisa tersedia di rumah masing-masing alias diselenggarakan virtual!

Pameran yang diselenggarakan adalah Pameran Arsip Virtual dengan tema 'Indonesia Maju'. Tema 'ndonesia Maju' yang diambil merupakan bagian dari cita-cita seluruh masyarakat Indonesia. Karena itulah kita diimbau untuk terus menjaga dan mengisi kemerdekaan Indonesia dengan hal yang baik.

Pameran virtual ini berisikan berbagai tulisan singkat, foto, serta video yang menceritakan perjalanan bangsa Indonesia mulai dari persiapkan kemerdekaan, hari proklamasi, hingga pembangunan dari semua bidang yang sudah terjadi mulai dari masa kepemimpinan Presiden Soekarno hingga Presiden Jokowi.

Dalam kalimat pembuka pameran tersebut dituliskan bahwa para pahlawan dahulu telah memperjuangkan kemerdekaan. Sekarang ini tugas kita lah sebagai generasi penerus bangsa untuk senantiasa meneruskan perjuangan dengan mengisi kemerdekaan.

Mengisi kemerdekaan yang dimaksud adalah perjalanan Indonesia setelah memproklamasikan kemerdekaannya dengan melakukan pembangunan dari berbagai bidang untuk Indonesia terus maju.


Baca Ini Juga Yuk: Selamat Hari Pramuka! Yuk, Simak Sejarahnya

Apa saja ya isi pameran virtual yang bertemakan 'Indonesia Maju' ini? Kali ini Beritabaik.id akan mengajak TemanBaik untuk sama-sama mengintipnya sedikit. Yuk simak!

Dibuka dengan cerita berbagai peristiwa saat Indonesia sedang dalam masa penjajahan. Dalam pameran ini dijelaskan bahwa salah satu sebab negara asing masuk dan menjajah Indonesia adalah karena potensi besar yang dimilikinya. 

Namun tentu saja Indonesia tidak tinggal diam saat terjajah. Seluruh masyarakat Indonesia saat itu memiliki satu keinginan yang sama untuk meraih kemerdekaan. Salah satu semangat perjuangan ini ditandai oleh lahirnya Sumpah Pemuda.

Perjuangan kemerdekaan Indonesia tentunya tidak lepas dari andil putra-putri bangsa. Salah satu yang ditampilkan dalam pameran ini adalah berdirinya organisasi Budi Utomo yang bertujuan untuk memajukan kebudayaan dan kegiatan sosial. Organisasi ini pula yang merintis bangkitnya kesadaran berjuang secara nasional. Didirikan pada 20 Mei 1908, dan saat ini setiap tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

 

Momen lain yang tak ketinggalan diceritakan dalam pameran virtual ini adalah terbentuknya BPUPK (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan) yang salah satu tugasnya adalah untuk membentuk Dasar Negara dan Rancangan UUD 1945. 

Berbagai perjalanan panjang untuk memperjuangan kemerdekaan tersebut akhirnya sampai pada detik-detik persiapan dan pelaksanaan proklamasi. Dalam pameran ini, momen detik-detik proklamasi dirangkum dalam satu video singkat yang tentu mudah dimaknai oleh masyarakat yang menyaksikannya. 

Setelah sampai pada momen proklamasi kemerdekaan, barulah momen-momen mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Indonesia ditampilkan. Segala peristiwa dan bentuk kerja sama yang dilakukan di  setiap kepemimpinan presiden juga turut terangkum dalam pameran ini. 

Salah satunya adalah momen yang dilakukan oleh Presiden Soekarno untuk menunjukkan eksistensi Indonesia pada dunia sebagai negara yang telah merdeka melalui pembangunan proyek mercusuar yang beberapa diantaranya adalah Stadion ASEAN Games IV Senayan, Monumen Nasional (Monas), dan Masjid Istiqlal. 

Baca Ini Juga Yuk: Pentingnya Menjadi Pelaku UMKM yang Fleksibel

Momen lainnya yang ditampilkan sebagai  bentuk mengisi kemerdekaan Indonesia dengan hal positif adalah saat Presiden Soeharto akan menerima penghargaan dari PBB atas keberhasilannya memberantas penyakit TBC di Indonesia pada 26 Februari 1987. Ada juga momen saat Presiden Habibie dengan model pesawat CN-235 yang diciptakannya, hingga momen presiden Indonesia saat ini, Jokowi, melakukan berbagai pembangunan salah satunya di Papua. 

Tidak hanya menceritakan perjuangan pada setiap periode kepemimpinan presiden. Pameran ini juga menampilkan pemberdayaan masyarakat Indonesia. Karena untuk mempertahankan kemerdekaan, masyarakat pun perlu ikut ambil peran. 

Beberapa momen yang ditampilkan dalam rangka pemberdayaan masyarakat adalah hasil produksi pande tembaga rakyat Desa Panjingkiran, Majalengka. Hingga momen yang menampilkan para pekerja perempuan yang sedang membatik tulis di Tasikmalaya. 

Semua hal bersejarah bagi bangsa Indonesia dalam pameran virtual ini diceritakan lengkap dengan lampiran dokumentasi yang tentu membuat kita terbayang akan setiap peristiwanya.

Mungkin ada beberapa peristiwa yang ditampilkan sudah kita ketahui dari pelajaran sejarah di sekolah dulu ya, TemanBaik. Tapi kapan lagi kita bisa tahu berbagai sejarah kemerdekaan Indonesia hanya dengan satu kali 'klik' saja. Menarik bukan?

Nah kalau TemanBaik penasaran dengan pameran virtual ini, yuk langsung aja masukkan tautan bit.ly/PameranArsip75 di kolom pencarian internet mu. Selamat belajar dan menambah wawasan tentang Indonesia, TemanBaik! 

Foto: tangkapan layar Pameran Arsip Virtual 'Indonesia Maju' / Irsya Kireina

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler