Semangat Melawan Pandemi dari Bandung di Tengah HUT RI

Bandung - TemanBaik, upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia memang tak semeriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Di Kota Bandung misalnya, pelaksanaan upacara digelar di tingkat provinsi dan kota oleh pemerintah daerah.

Namun, tentu ada pemandangan berbeda. Penerapan protokol kesehatan dikedepankan. Mulai dari jaga jarak hingga menggunakan masker. Bahkan, jumlah peserta sangat dibatasi. Meski begitu, semangat kemerdekaan tetap tak luntur.

Di tingkat Provinsi Jawa Barat, upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia digelar di Halaman Gedung Sate, Kota Bandung. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil jadi inspektur upacara dalam kegiatan itu.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengajak publik untuk menggelorakan semangat kebangkitan di tengah pandemi COVID-19. Ia mengajak publik melakukan apapun yang bisa dilakukan sebagai bentuk perjuangan.

"Dalam situasi krisis kesehatan dan ekonomi seperti saat ini, ibu pertiwi memanggil kita semua untuk bisa memberikan yang terbaik dari apa yang kita miliki," kata Emil dalam sambutannya.



Pemprov Jawa Barat sendiri terus melakukan beragam upaya agar pandemi segera berakhir. Salah satunya intens melakukan pelacakan dan pengetesan dengan metode swab test dan PCR.

"Kami berupaya keras menekan kasus positif, angka kematian, serta meningkatkan tingkat kesembuhan dengan melakukan tes COVID-19, pelacakan, serta perawatan atau isolasi pasien positif. Hingga tanggal 11 Agustus 2020 kami telah melakukan tes PCR sebanyak 180.731, terbanyak dari seluruh provinsi di luar DKI Jakarta," jelasnya.

Baca Ini Juga Yuk: Komunitas Ini Peringati HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Makam

Tes pun akan terus dilakukan di tengah adaptasi kebiasaan baru (AKB). Sesuai target standar WHO, pengetesan akan dilakukan terhadap satu persen dari jumlah penduduk. Itu artinya, di Jawa Barat tes akan dilakukan bagi sekitar 500 ribu warga.

Sementara di tingkat Kota Bandung, upacara digelar di Plaza Balai Kota Bandung dengan Wali Kota Bandung Oded M. Danial sebagai inspektur upacara. Upacara diikuti 20 orang saja dari berbagai unsur. Sedangkan anggota Paskibraka yang bertugas hanya empat orang.



Senada dengan Emil, ia juga menggelorakan semangat perjuangan melawan pandemi. Warga diharapkan bahu-membahu hingga tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Saya berharap walaupun dalam suasana yang sederhana karena dampak dari pandemi COVID-19, semoga justru di semangat HUT Kemerdekaan kita bisa bersama-sama melawan COVID-19," tutur Oded.

Secara khusus, ia pun meminta warga tidak menggelar kegiatan perayaan HUT RI yang melibatkan kerumunan orang. Sehingga, potensi penularan dan penyebaran COVID-19 bisa diminimalisir.

"Saya mengimbau agar masyarakat tidak memperbanyak kerumunan, menjagar agar tetap pakai masker, cuci tangan, dan protokol kesehatan harus dikedepankan. Mungkin boleh jadi masyarakat sulit dibentung, tapi yang terpenting menjaga protokol kesehatan agar tidak terjadi penyebaran COVID-19 di Kota Bandung," imbau Oded.

Foto: dok. Humas Jawa Barat dan dokumentasi Humas Kota Bandung
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler