#AksiBaik YPBB untuk Petugas Kebersihan di Bandung

Bandung - TemanBaik, #AksiBaik kembali dilakukan Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi (YPBB). Lembaga swadaya masyarakat (LSM) ini kembali memberi bantuan kepada para petugas kebersihan di Kelurahan Cihaurgeulis, Kota Bandung, Senin (24/8/2020).

Ada 27 petugas kebersihan di sana yang diberi paket bantuan berupa alat pelindung diri berupa masker, hand sanitizer, hingga sepatu boot. Ada juga kebutuhan pokok seperti beras dan minyak goreng.

Bantuan ini merupakan bentuk perhatian terhadap para petugas kebersihan. Sebab, di tengah pandemi COVID-19 yang belum kunjung berakhir, mereka tetap bekerja seperti biasa.

"Mereka ini tetap bertugas selama pandemi. Bayangkan kalau mereka tidak bertugas akan seperti apa sampah yang ada," kata Manajer Program 'Zero Waste City' YPBB Kota Bandung Ratna Ayu Wulandari.

Pemberian bantuan yang diberikan memang tidak besar. Namun, hal itu diharapkan bermanfaat bagi mereka. Minimal, mereka bisa bertugas lebih nyaman dan aman di tengah pandemi. Di sisi lain, kebutuhan pokok mereka juga diharapkan terbantu dengan bantuan paket sembako.

Pemberian paket bantuan bagi para petugas kebersihan ini sudah beberapa kali dilakukan sejak pandemi. "Total sudah ada 100-an orang yang mendapatkan bantuan ini," ucap Ratna.



Baca Ini Juga Yuk: #AksiBaik Teman Disabilitas Berbagi di Tengah Pandemi

Melalui pembagian bantuan ini, para petugas juga diberi pembekalan soal pentingnya memilah sampah. Sehingga, sampah yang ada bisa dimanfaatkan, baik didaur ulang atau dijual.

Namun, ia mengingatkan pentingnya masyarakat berkontribusi dalam memilah sampah. Sehingga, ketika dibawa oleh petugas kebersihan, sampah yang ada bisa diolah dan dipisahkan lebih mudah.

"Kuncinya memilah sampah ini adalah di warga itu sendiri," ujar Ratna.

Jika kesadaran warga dalam memilah sampah terus bertambah, persoalan sampah diyakini akan bisa teratasi. Sebaliknya, jika kesadaran dan tindakan nyata dalam memilah sampah tidak dimiliki masyarakat, persoalan sampah akan menjadi fenomena gunung es.

Foto: Oris Riswan Budiana/Beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler