Jaringan Internet Gratis untuk Pelajar & Mahasiswa di Kota Malang

Malang - Pemerintah Kota Malang akhirnya memutuskan untuk menyediakan fasilitas hotspot (area bersinyal) wifi gratis bagi para pelajar untuk menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi COVID-19.

Fasilitas gratis tersebut disediakan di setiap kelurahan yang ada di wilayah Kota Malang agar memudahkan siswa dalam mengikuti pembelajaran dalam jaringan atau daring.

Salah satu kelurahan yang telah menyediakan jaringan internet gratis ini adalah kelurahan Bandulan di Kecamatan Sukun.

Lurah Bandulan, Dian Sonyalia Catur Rina mengatakan, selain untuk pelajar, pihaknya telah menyiapkan fasilitas wifi gratis khusus bagi mahasiswa di wilayah kelurahannya yang kesulitan mendapat koneksi internet.

Fasilitas tersebut disiapkan di aula kantor kelurahan Bandulan. Tiap sesi diisi oleh 10 orang pelajar selama 2 jam dan dibuka setiap hari Senin sampai Jumat pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Lurah Sonya mengungkapkan, kebijakan memberikan fasilitas wifi gratis tersebut diputuskan setelah pihak kelurahan mendapat keluhan dari warga yang kesulitan membeli kuota internet untuk pembelajaran daring.

"Ada warga yang menyampaikan, kalau ia berniat menjual barangnya untuk beli kuota internet. Karena itulah, kami dari kelurahan langsung melakukan diskusi," kata Sonya.


Baca Ini Juga Yuk: #AksiBaik YPBB untuk Petugas Kebersihan di Bandung

Sonya berharap, upaya pihaknya dalam memberikan akses internet gratis tersebut bisa meringankan beban warga khususnya di Kelurahan Bandulan.

Fasilitas yang diberikan oleh kelurahan Bandulan tersebut juga mendapatkan apresiasi dari Wali Kota Malang, H. Sutiaji.

Bahkan, ia berharap kelurahan lain di Kota Malang bisa meniru jejak Kelurahan Bandulan dalam memberikan fasilitas gratis yang menunjang pembelajaran anak bangsa.

"Inisiatif ini merupakan inovasi yang bagus dan bisa ditiru oleh wilayah lainnya. Tujuannya agar memudahkan masyarakat dalam menjalani sekolah berbasis online," ungkap Sutiaji.

Melalui upaya tersebut, Sutiaji mengatakan, warga Kota Malang juga akan semakin mendapatkan pelayanan yang terbaik dari Pemerintah Kota Malang.

Bahkan, kata Sutiaji, ia sudah meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang untuk melakukan realokasi anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dialihkan untuk pembelian paket internet.

"Besarannya, sekitar Rp50 ribu per orang, bagi siswa SD maupun SMP. Sehingga, bisa membantu anak-anak untuk belajar di rumah," pungkasnya.

Foto: Dok Pemerintah Kota Malang

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler