Uji Klinis Dikebut, Produksi Vaksin COVID-19 Bisa Dipercepat

Bandung - TemanBaik, ada berita baik nih dari perkembangan uji klinis vaksin COVID-19. Proses uji klinis akan lebih dikebut.

Uji klinis sendiri sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu. Dalam sehari, rata-rata jumlah relawan dan calon relawan di enam lokasi uji klinis masing-masing sekitar 25 orang. Mereka yang sudah menjadi relawan akan menjalani uji klinis selama enam bulan dan dua kali disuntik vaksin.

Namun, karena kebutuhan mendesak, Tim Riset Vaksin COVID-19 Universitas Padjadjaran (Unpad) memutuskan lebih ngebut dalam melaksanakan uji klinis. Jumlah relawan yang dijadwalkan datang ke lokasi uji klinis akan ditingkatkan dua kali lipat.

"Kita akan melakukan percepatan dengan menambah frekuensi pemeriksaan daripada sukarelawan," kata Ketua Tim Riset Vaksin COVID-19 Unpad Kusnandi Rusmil.

Dengan kebijakan baru, waktu pelaksanaan uji klinis di setiap tempat diperpanjang mulai hari ini. Di setiap lokasi, uji klinis yang semula melaksanakan uji klinis dari pukul 09.00-11.00 WIB, kini ditambah pada pukul 11.00-15.00 WIB.

"Kita naikkan jadi dua kali lipat agar selesainya lebih cepat. Jadi, per hari itu 50 orang (di masing-masing lokasi uji klinis)," jelas Kusnandi.

Baca Ini Juga Yuk: Empat Petinggi Jabar Kompak Jadi Relawan Vaksin COVID-19

Dengan cara ini, pada Oktober 2020 diharapkan tim sudah bisa membuat laporan soal hasil uji vaksin. Hasilnya diharapkan menggembirakan agar bisa segera ditindaklanjuti pemerintah untuk memproduksi vaksin tersebut secara massal.

"Diharapkan Oktober kita sudah bisa bikin laporan, sehingga pada akhir tahun ini kita bisa produksi vaksin," ucap Kusnandi.

Melalui skema ini, nantinya ada 540 relawan yang diprioritaskan dari kebutuhan relawan 1.620 orang. Hasilnya ini yang kemudian akan dibuat menjadi laporan kepada pemerintah.

Meski begitu, uji klinis tetap akan dilakukan hingga mencapai jumlah 1.620 orang. Namun, untuk laporan awal, hanya hasil uji klinis dari 540 yang dilaporkan. Sedangkan sisanya akan dilaporkan di tahap berikutnya.

Doakan saja ya TemanBaik agar uji klinis ini berjalan lancar dan hasilnya menggembirakan. Sehingga, vaksin bisa diproduksi massal untuk diberikan kepada masyarakat. Dengan begitu, harapan agar pandemi COVID-19 segera berakhir bisa diwujudkan secepatnya.

Foto: Dok. Humas Jawa Barat

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler