Ini yang Berbeda Jika Bioskop Kembali Dibuka

Jakarta - TemanBaik, ada yang kangen nonton di bioskop? Jika kangen, sabar dan tahan diri dulu ya. Sebab, sejauh ini belum ada kepastian kapan bioskop akan kembali dibuka untuk umum.

Bioskop sendiri dinilai memiliki peran penting bagi masyarakat. Bahkan, kehadiran bioskop bisa meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

"Bioskop dan cinema memiliki karakteristik dan kontribusi penting, terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat. Karena imunitas masyarakat juga bisa meningkat karena bahagia atau suasana mental atau fisik dari para penonton dan masyarakatnya ditingkatkan (dengan mendapatkan hiburan di bioskop)," kata Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.

Tim Satgas Penanganan COVID-19 pun sudah melakukan kajian terhadap rencana pembukaan kembali bioskop. Beberapa aspek yang dipertimbangkan dalam kajian di antaranya terkait kesehatan, sosial, dan ekonomi.

Baca Ini Juga Yuk: Uji Klinis Dikebut, Produksi Vaksin COVID-19 Bisa Dipercepat



                                                    Foto: Wiku Adisasmito/dok. Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Untuk membuka kembali bioskop, menurutnya diperlukan tahapan prakondisi, mempertimbangkan waktu, menerapkan prioritas, koordinasi pemerintah pusat dan daerah, serta monitoring dan evaluasi.

"Dalam prakondisi ini dipastikan tentang fasilitas (bioskop) itu sendiri, fasilitas pendukungnya, dan juga dalam penyelenggaraan, termasuk masyarakat itu sendiri," ucap Wiku.

Rekomendasi Bagi Pengelola & Pengunjung
Jika nantinya bioskop kembali dibuka kembali, tentu akan ada beberapa hal berbeda dibanding sebelum pandemi COVID-19. Apalagi, saat ini pandemi masih belum berakhir. Sehingga, pihak bioskop dan masyarakat disarankan menjalankan berbagai hal. Apa saja?

1. Memastikan Protokol Kesehatan
Ini jadi hal penting yang nantinya wajib dijalankan pengelola bioskop. Penerapan standar protokol kesehatan harus diutamakan. Misalnya memastikan antrean keluar-masuk dijaga ketat dan berjarak minimal 1,5 meter setiap pengunjung.

"Demikian pula kesiapan dari penyelenggara, mereka harus dilatih dengan baik supaya dapat betul-betul memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat dan tertib selama dalam proses pembukaan bioskop," jelas Wiku.

2. Rentang Usia Pengunjung
Satgas Penanganan COVID-19 merekomendasikan pengunjung yang datang ke bioskop memiliki rentang usia 12-60 tahun. Selain itu, pengunjung tidak riwayat penyakit penyerta, seperti jantung, kencing manis, paru-paru, ginjal, atau penyakit imunitas rendah lainnya.

"Selain itu, (pengunjung harus dipastikan) dalam kondisi sehat, tidak ada gejala batuk, demam lebih dari 38 derajat selsius, sakit tenggorokan, pilek atau flu, bersin, atau sesak napas. Itu harus dijalankan dengan protokol yang ketat," ungkap Wiku.

3. Tak Boleh Makan & Minum
Cara asyik menonton di bioskop biasanya adalah sambil ngemil dan minum. Namun, jika nantinya bioskop kembali dibuka, kamu tak bisa melakukannya. Ini sebaiknya kamu taati meskipun kamu tak diawasi petugas. Sebab, akan sangat sulit memantau satu per satu pengunjung untuk memastikan mereka tidak makan dan minum selama di bioskop.

4. Selalu Menggunakan Masker
Selain tak boleh makan dan minum, penggunaan masker menjadi hal wajib. Bahkan, selama berada di dalam bioskop, kamu tidak diperkenankan membuka masker.

Masker yang disarankan adalah masker dengan filtrasi setara atau lebih baik dari masker bedah. Ini tentu bertujuan untuk mengantisipasi penularan COVID-19 antar pengunjung.

5. Durasi Film & Jarak
Perbedaan lainnya, durasi film yang disuguhkan kepada penonton tak boleh lebih dari 2 jam. Selain itu, penonton juga diharuskan berjarak dengan penonton lainnya. Sehingga, harus ada kursi yang dikosongkan agar secara otomatis pengunjung tidak saling berdekatan dan tidak terjadi kontak fisik.

6. Tiket Daring
Terakhir, pemesanan tiket tidak diperkenankan dijual secara fisik dengan cara mengantre di loket. Penjualan tiket seluruhnya harus dilakukan secara online atau daring. Selain memperkecil potensi penularan COVID-19, pemesanan tiket daring ini juga untuk memudahkan pengecekan dan pendataan untuk keperluan tracing (pelacakan) jika terjadi kasus COVID-19 di bioskop.

Sudah tahu kan TemanBaik apa yang berbeda di bioskop sebelum dan pada saat pandemi? Minimal, setelah nanti bioskop kembali dibuka, kamu tahu apa saja yang berbeda dan perlu dilakukan. Kesadaran pun diharapkan dimiliki pengelola bioskop dan masyarakat agar menjalankan seluruh rekomendasi dari Satgas Penanganan COVID-19. Sayangi diri sendiri dan orang lain ya agar tidak tertular COVID-19!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Jake Hills

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler