Lakukan Hal Ini di Rumah Setelah Beraktivtas di Luar

Bandung - TemanBaik, masih konsisten menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19? Sebaiknya kamu tetap konsisten ya agar tidak tertular atau menularkan COVID-19!

Namun, tentu menjadi dilematis tersendiri jika kamu sudah beraktivitas kembali di luar rumah. Contohnya karena kantor tempatmu bekerja mewajibkan kamu kembali ngantor. Bisa juga kamu beraktivitas di luar karena beragam alasan.

Masalahnya, kegiatan di luar rumah berpotensi membuat kamu tertular COVID-19. Karena itulah protokol kesehatan jadi hal wajib yang perlu diterapkan saat kamu ada di luar rumah, yaitu menggunakan masker, rajin mencuci tangan, serta menjaga jarak.

Saat kamu di kantor, pusat perbelanjaan, atau tempat-tempat lainnya, COVID-19 tak bisa terlihat. Namun, faktanya COVID-19 itu ada dan membuat semakin banyak orang terkonfirmasi positif.

Jika tidak ingin terjangkit, tentu protokol kesehatan jadi hal utama yang perlu dijalankan di luar rumah. Sebab, jika tak dijalankan, ada risiko kamu tertular. Risiko lebih luasnya, saat kamu tertular, tanpa sadar kamu bisa menularkannya lagi pada orang lain, terutama keluarga.

"Bagi yang menjalankan aktivitas di luar rumah, yang paling penting adalah menjalankan protokol kesehatan. Termasuk bekerja di kantor, tetap wajib pakai masker. Karena kita enggak tahu misalnya teman di kantor itu sakit (COVID-19) atau tidak," kata Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Agus Dwi Susanto.

Baca Ini Juga Yuk: Mengenal Happy Hypoxia, Gejala dan Pencegahannya

Berkaca dari kasus di DKI Jakarta, menurutnya saat ini banyak yang terkonfirmasi positif berasal dari kluster perkantoran. Sehingga, kondisi ini membuat kamu harusnya lebih waspada. Jangan pernah longgar dalam penerapan protokol kesehatan.

"Ini yang justru mengkhawatirkan, bisa jadi teman kita (terjangkit) COVID-19 dan kita punya risiko tertular. Kemudian setelah risiko tertular, kita akan membawa virus itu ke dalam rumah," jelas Agus.

Jika kamu tak menjalankan protokol kesehatan dengan baik di luar, ada risiko lain yang dihadapi. Di rumah kamu harus menjalankan protokol kesehatan. Kamu disarankan wajib menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Tujuannya untuk meminimalisir risiko penularan pada orang rumah.

Bagian paling sulit tentu menggunakan masker dan menjaga jarak dengan keluarga. Sebab, berkumpul, ngobrol, hingga bercengkerama dengan keluarga adalah hal menyenangkan. Terbayang kan bagaimana enggak asyiknya hidup di rumah sambil menggunakan masker dan jaga jarak?

Karena itu, selain memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan baik saat di luar rumah, kamu wajib melakukan hal lain ketika sampai rumah. Segera sterilkan diri dan mengganti pakaian. Setelah itu, baru kamu bertemu dengan keluarga.

Apalagi jika di rumahmu ada anak-anak atau orang tua. Mereka adalah kelompok rentan terjangkit COVID-19. Terlebih lagi orang tua yang punya penyakit penyerta seperti jantung dan paru-paru. Jadi, ingatlah mereka agar menjadi pengingatmu di luar sana supaya disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Kalau kita yakin bisa menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan kita yakin itu benar-benar dijalankan, tentu ketika di rumah kita tidak perlu menggunakan masker. Tapi jika kita merasa tidak yakin (menjalankan protokol kesehatan di luar rumah), penggunaan masker di dalam rumah disarankan untuk mengurangi risiko (penularan). Selain itu, jaga jarak juga penting," tutur Agus.

Sementara itu, pakar kesehatan masyarakat Ede Surya Dharmawan mengatakan protokol kesehatan memang perlu terus digaungkan agar masyarakat disiplin. Sebab, saat ini masyarakat sudah mulai longgar dalam menjalankannya. Padahal, risiko yang ada semakin besar di depan mata.

"Kasus semakin banyak, (penerapan protokol kesehatan) harus terus diingatkan, dan jangan bosan," ucap Ede.

Ia pun mengingatkan agar pada setiap keluarga terdapat orang yang bertugas mengingatkan kedisiplinan protokol kesehatan. "Di rumah itu idealnya seorang kepala rumah tangga atau ibu jadi 'penjaga keamanan' yang memastikan semua orang rumah menjalankan protokol kesehatan ketika ke luar rumah," paparnya.

Tak cukup sampai di situ, sang 'penjaga keamanan' juga disarankan bertanya pada orang rumah yang baru pulang dari luar. Tanyakan aktivitas apa yang dilakukan hingga pastikan adakah kontak fisik dengan orang lain, terutama dengan orang berisiko).

"Kalau ada risiko, lakukan isolasi di rumah, dalam arti jaga jarak dan tetap pakai masker karena ada risiko penularan," tandas Ede.

TemanBaik, tetap jaga kesehatan ya. Jangan bosan jika terus diingatkan soal pentingnya menjalankan protokol kesehatan.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Anshu18

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler