Jangan Gegabah Jika Ada Tawon di Atap Rumah

Bandung - TemanBaik, apa yang kamu pikirkan jika melihat tawon? Mayoritas orang biasanya ketakutan karena khawatir disengat.

Namun, terkadang kehadiran binatang bernama latin Vespula vulgaris ini tak disadari. Bahkan, bisa saja tawon justru bersarang di sekitar area atap rumah. Jika sudah bersarang, tentu jumlah tawonnya enggak sedikit kan?

Nah, jika ada tawon bersarang di sekitar rumahmu, jangan gegabah, ya! Salah penanganan justru akan berbahaya. Apalagi jika kamu asal mencabut sarang tawon dari tempatnya. Sebab, perlu keahlian dan ketelitian dalam mencabut dan memindahkan sarang tawon.

Sehingga, langkah tepatnya adalah meminta bantuan pada ahlinya. Di Bandung misalnya, ahli dalam mengatasi tawon ini adalah petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB).

Sebab, di luar kemampuannya menjinakkan si jago merah, para petugas Diskar PB Kota Bandung terlatih dalam animal resuce atau penyelamatan hewan, termasuk mengevakuasi tawon beserta sarangnya.

Baca Ini Juga Yuk: Mengenal Dua Jenis Bahasa Isyarat di Indonesia, Ini Perbedaaanya

Kabid Operasi Kesiapsiagaan dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung Kurnia Saputra mengatakan salah satu bahaya dari gegabah menangani sarang tawon tentu adalah disengat. Apalagi jika sarang tawon itu sampai jatuh, akan ada banyak tawon yang membahayakan kamu dan orang-orang sekitar.

Petugas Diskar PB biasanya akan melakukan evakuasi sarang tawon pada malam hari. Sebab, saat malam relatif tidak terdapat banyak orang yang berkeliaran. Sehingga, ini akan meminimalisir risiko.

Selain itu, ada alasan lain kenapa mengevakuasi sarang tawon lebih banyak dilakukan malam hari. Sebab, penglihatan tawon cenderung buruk saat malam.

"Kita eksekusinya malam karena tawon itu buta kalau malam," kata Kurnia.

Meski sudah kenyang pengalaman dalam mengevakuasi sarang tawon, bukan berarti petugas Diskar PB aman. Mereka juga kerap tersengat meski sudah sangat berhati-hati. Bahkan, ada yang sampai pingsan loh karena disengat banyak tawon.

Karena itu, apa yang dialami mereka harusnya jadi cermin agar kamu tak sembarangan mengevakuasi sarang tawon sendirian. Daripada mengambil risiko mengevakuasi sendirian, meminta bantuan pada ahlinya lebih disarankan.

Secara umum, kehadiran tawon tidak berbahaya meski mereka bersarang di atap rumah. Namun, bahaya bisa mengancam kapan saja jika tawon-tawon itu merasa terganggu. Salah satu kelalaian yang dilakukan adalah menyentuh sarang tawon dengan alat seperti kayu. Hal ini bisa menimbulkan 'kemarahan' dari tawon.

"Sebenarnya tawon itu kalau enggak diganggu, enggak apa-apa. Banyak kejadian itu dari beberapa laporan warga melakukan tindakan sendiri, sarangnya didorong-dorong, akhirnya yang melakukan itu disengat," jelas Kurnia.

"Makanya daripada menangani sendiri, kita sarankan serahkan ke ahlinya. Kita sendiri siap menangani itu," tandasnya.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Thomas Millot

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler