Selamat Hari Jadi ke-210 Tahun Kota Bandung!

Bandung - TemanBaik, hari ini, Jumat (25/9/2020), Kota Bandung tepat berusia 210 tahun. Tentu ini bukan usia yang muda lagi. Sepanjang perjalanan Kota Bandung, tentu ada banyak hal menarik. Apa saja?

Sejarah Singkat
Kota Bandung mulai menjadi pemukiman di era pemerintahan kolonial Belanda. Pada 25 September 2010, Gubenur Jenderal Herman Willem Daendels mengeluarksn ruat keputusan tentang sarana dan prasarana di kawasan Bandung. Seiring perkembangannya, tanggal 25 September ini pada akhirnya diperingati sebagai hari lahir Kota Bandung. Namun, status Bandung sebagai 'kota' baru didapat pada 1 April 1906.

Dari waktu ke waktu, berbagai perkembangan terjadi di Bandung. Bahkan, banyak peristiwa bersejarah dan cikal-bakal perjuangan berasal dari Bandung. Bahkan, Proklamator sekaligus Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno, kuliah dan menempa dirinya di Bandung.

Julukan
Setiap daerah biasanya memiliki julukan tersendiri. Namun, ada julukan khas yang masih dialamatkan kepada Bandung. Parijs van Java adalah satunya. Ini menandakan bahwa Bandung memiliki keindahan seperti Paris. Julukan ini lahir di era kolonial.

Seiring perkembangan, ada juga julukan lain yang disematkan terhadap Kota Bandung, yaitu Kota Kembang. Istilah ini merujuk pada keindahan Bandung yang sejak dulu memiliki banyak tanaman indah dan asri.

Surganya Kuliner dan Fesyen
Kota Bandung sendiri menjadi salah satu kota favorit bagi wisatawan berbagai daerah, termasuk dari luar negeri. Itu karena Bandung memiliki daya tarik yang unggul, salah satunya kuliner.

TemanBaik mau mencari makanan seenak apa? Jawabannya ada di Bandung. Dari makanan tradisional hingga internasional dan kekinian, semua ada di Bandung. Bandung pun akhirnya identik sebagai surganya kuliner. Sebab, banyak makanan yang dijual di pinggir jalan hingga restoran dan hotel, akan memanjakan lidah penikmatnya.

Bahkan, bisa dibilang mau di titik Kota Bandung mana kamu ingin mencari makanan enak? Di sana pasti kamu menemukannya.

Selain kuliner, ciri khas lain adalah fesyen. Banyak produk fesyen di Bandung yang berkualitas tinggi, bahkan bisa menembus pangsa pasar ekspor. Pusat perbelanjaan pun banyak terdapat di Bandung.

Jika kamu ingin mencari jeans dan pakaian lainnya, ada sentra jeans di Jalan Cihampelas. Jika ingin mencari sepatu berkualitas, ada di Jalan Cibaduyut. Jika ingin mencari factory outlet (FO), ada banyak titik, salah satunya Jalan Riau. Berikutnya, produk rajutan ada di kawasan Binong.

Ingin mencari pakaian olah raga dan perlengkapannya, salah satunya ada di Stadion Persib. Jika ingin mencari produk distro, salah satunya banyak terdapat di Trunojoyo. Belum cukup? Ada juga tempat bahan-bahan produk fesyen, seperti bahan jeans di Jalan Tamim dan kain di kawasan Cigondewah.

Baca Ini Juga Yuk: Berkenalan dengan 'Mobile Covid Hunter' Bandung, Ini Tugasnya

Tempat Wisata
Adanya tempat wisata juga jadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Bandung. itu tak lain karena begitu banyak tempat wisata di sini. Kebun binatang ada, taman hadir di mana-mana, tempat dan bangunan ikonik banyak.

Aneka spot swafoto pun bisa kamu temukan di mana-mana. Sebab, di Bandung memang cukup banyak penataan yang menambah keindahan kotanya. Ingin berswafoto dengan nuansa bangunan klasik misalnya, ada di kawasan Asia-Afrika dan Braga.

Di luar itu, berbagai tempat menarik akan membuatmu merasa senang datang ke Bandung. Mal ada di mana-mana, restoran dengan ragam konsep unik banyak, wahana permainan ada, tempat hiburan juga terdapat di banyak titik.

Yuk, Sama-sama Menjaga Bandung!
Namun, di balik berbagai kemajuan yang ada, tentu peran masyarakat sangat penting dalam menjaga Kota Bandung. Sebab, untuk menjaga dan membangun Kota Bandung tak bisa hanya mengandalkan unsur pemerintah saja.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial pun mengajak semua pihak untuk melakukan refleksi pada momentum HUT ke-210 Kota Bandung. Semangat dan dukungan dalam pembangunan Kota Bandung juga harus terus digelorakan.

"Di pundak kita semua sekarang ini ada sejumlah tugas dan tanggung jawab yang harus kita lanjutkan dari perjuangan para leluhur kita. Saya berharap momentum HUT ke-210 ini menjadi spirit buat kita semua untuk semangat agar menjadikan Bandung lebih baik lagi. Karena generasi yang baik adalah generasi yang mampu menghadirkan pemangunan dan hal-hal positif lebih baik dari generasi sebelumnya," kata Oded.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana secara khusus mengingatkan agar semua pihak bisa turut menjaga berbagai hal di Kota Bandung. Sebab, bukan hal mudah melakukan pembangunan dan perbaikan dari satu era kepepimpinan ke pemimpin berikutnya.

Bahkan, menjaga Kota Bandung bisa dilakukan dari hal-hal sederhana dalam kehidupan keseharian. Dalam mengatasi persoalan sampah misalnya, perilaku tidak membuang sampah sembarangan merupakan upaya nyata dalam menjaga Kota Bandung.

"Jadi kewajiban kita semua untuk ikut menjaga pembangunan ini. Jangan sampai apa yang sudah dibangun tidak dijaga atau malah dirusak. Mari kita jaga apa yang sudah dibangun di Bandung ini dan mari kita bangun agar Bandung jadi lebih baik lagi," ajak Yana.

Peringatan Sederhana
Sementara karena berlangsung dalam sitausi pandemi COVID-19, HUT Kota Bandung dirayakan berbeda dibanding sebelum-sebelumnya. Seluruh rangkaian kegiatan digelar dengan standar protokol kesehatan yang ketat dan tidak menghadirkan massa. Tak ada kemeriahan, tak ada karnaval, dan tak ada aneka keseruan seperti tradisi biasanya.

Tujuannya demi meminimalisir risiko penularan dan penyebaran COVID-19. Sehingga, puncak peringatan kegiatan HUT Kota Bandung pun digelar sederhana. Hari ini, hanya dilakukan upacara di Plaza Balai Kota Bandung. Setelah itu, secara simbolis dilakukan pembukaan tirai di Taman Sejarah yang di dalamnya berisi foto wajah pemimpin Kota Bandung dari masa ke masa.

Setelah itu, paripurna istimewa HUT Kota Bandung digelar di DPRD Kota Bandung. Selesai, tak ada kegiatan lain yang dilakukan. Namun, esensi dari HUT Kota Bandung diharapkan tetap bisa dirasakan seluruh warga Kota Bandung.

Foto: dok. Humas Kota Bandung

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler