Yuk! Berbuat Baik Lewat #RaziaOrangLapar

Bandung - TemanBaik, ada berbagai #AksiBaik yang bisa kamu lakukan. Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, banyak orang yang membutuhkan bantuan. Bahkan, di luar sana ada yang kesulitan hanya untuk sekadar makan.

Belakangan ini, muncul gerakan #RaziaOrangLapar. Melalui gerakan ini, orang yang membutuhkan diberikan makanan untuk menghilangkan rasa laparnya. Salah satu gerakan itu dilakukan di Kota Bandung oleh pegiat sosial Tubagus Zainal Arifin atau akrab disapa Uncle Teebob.

"Hari ini kita melakukan pembagian sekitar 650 boks nasi. Selain itu, kita juga berikan masker, biskuit, dan vitamin," kata Uncle Teebob.

Paket bantuan ini disebar pada orang yang membutuhkan di berbagai titik di Bandung. Dengan #AksiBaik ini, diharapkan banyak orang merasakan manfaat. Ia pun bersyukur karena banyak donatur yang tergerak hatinya dan terlibat dalam gerakan tersebut. Itu sekaligus jadi bukti bahwa orang-orang baik masih banyak.

"Di masa pandemi seperti sekarang, memang makin banyak orang yang membutuhkan bantuan, tapi juga makin banyak orang yang peduli," ungkap Uncle Teebob.

Hal yang tak kalah menarik, paket bantuan yang diberikan dikemas secara apiik dan rapi. Paket nasi dikemas dalam kotak makanan. Cara ini diharapkan membuat orang yang diberi bantuan juga merasa dihargai. Di sisi lain, donatur yang memberi bantuan juga dihargai karena bantuan yang diberikan tidak dikemas asal-asalan.

Gerakan #RaziaOrangLapar sendiri sudah berjalan di berbagai daerah. Bahkan, ke depan jumlahnya diperkirakan semakin banyak. Hal ini disambut baik karena gerakan tersebut jadi sarana bagi siapapun untuk membantu sesama.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Fakta Menarik dari Burung Merak Hijau

Hadir di Pasuruan
Selain di Bandung, gerakan #RaziaOrangLapar contohnya ada di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Penggagasnya adalah Choiron Anam.

Karena baru terbentuk sekitar sepekan, sejauh ini baru tujuh orang yang bersedia terlibat dalam gerakan tersebut. Mereka berasal dari berbagai latar belakang yang dipersatukan visi-misi sama untuk kemanusiaan.

Di tahap awal, kegiatan ini akan berjalan perdana pada 9 Oktober 2020 mendatang. Puluhan nasi bungkus akan dibagikan kepada mereka yang membutuhkan di kawasan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

"Sejauh ini baru siap terkumpul sekitar 30-an bungkus dari tujuh orang ini," ujar Iron, sapaan akrab Choiron, kepada BeritaBaik.id.

Gerakan yang digagas Iron ini diakuinya bukan sebuah organisasi. Apa yang dilakukan adalah sebuah aksi spontanitas dan tanpa struktur. Kata kuncinya adalah kebersamaan dan niat berbuat baik kepada sesama.

Gerakan ini diharapkan jadi aksi nyata untuk membantu mereka yang membutuhkan. Daripada mengeluh atau menyalahkan, bagi Iron dan kawan-kawan lebih baik melakukan aksi nyata membantu sesama melalui gerakan tersebut.

Selain berharap gerakan itu jadi besar di wilayahnya, Iron berharap gerakan #RaziaOrangLapar menjadi jauh lebih luas. Bahkan, jika gerakan ini ditiru di berbagai daerah di Indonesia, ia akan sangat senang.

Alasannya, di setiap daerah pasti ada orang yang membutuhkan. Sehingga, jauh lebih baik untuk fokus membantu orang membutuhkan di wilayah masing-masing.

"Harapannya gerakan ini menjadi besar di masing-masing daerah, terutama di kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang, banyak orang yang membutuhkan," tutur Iron.

Bahkan, gerakan ini diharapkan tak hanya berjalan di saat pandemi saja. Iron dan kawan-kawan berkeinginan agar gerakan yang dilakukannya tetap berjalan meski nantinya pandemi usai.

"Seandainya pandemi selesai, insya Allah kita akan tetap bergerak karena orang susah tidak hanya ada saat pandemi saja," jelas Iron.

Senada dengan Iron, Uncle Teebob juga berharap #RaziaOrangLapar ini menjadi gerakan massal di berbagai daerah. Ia pun lebih menyarankan yang ingin terlibat agar melakukannya di daerah masing-masing.

Bahkan, ia kerap menyarankan pada orang yang ingin bergabung dengannya untuk melakukan aksi di lingkungan tempat tinggalnya. Jika orang di sekitar lingkungannya sudah 'aman', baru bergerak bersamanya.

Meski begitu, Iron maupun Uncle Teebob membuka diri jika ada donatur yang ingin berdonasi untuk gerakan #RaziaOrangLapar. Namun, Iron lebih menitikberatkan sumbangan yang diberikan diharapkan hanya berupa makanan jadi, makanan siap olah, serta minuman.

"Kita hanya menerima dalam bentuk makanan dan minuman, tidak dalam bentuk uang," ucap Iron.

Jika kamu ingin terlibat atau berdonasi dalam kegiatan #RaziaOrangLapar bersama Iron, kamu bisa menyampaikannya ke basecamp Iron dan kawan-kawan di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 109, Pateban, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Jika ingin berkomunikasi lebih lanjut, kamu bisa menghubunginya melalui akun Instagram @raziaoranglapar_.

Sedangkan jika ingin terlibat bersama Uncle Teebob di Bandung, kamu bisa menyampaikan donasi ke Jalan Karangtineung Dalam Nomor 1 RT 03 RW 05 Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung. Kamu juga bisa menghubungi Uncle Teebob melalui akun Instagram @uncle_teebob atau melalui nomor telepon 0811-2341-115 dan 0858-9109-449.

TemanBaik, ada yang tertarik melakukan gerakan #RaziaOrangLapar di daerahmu? Yuk, ajak orang-orang di sekitarmu untuk melakukan #AksiBaik ini!

Foto: dok. Istimewa/Uncle Teebob

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler