Sumpah Pemuda di Bandung akan Diperingati dengan Cara Berbeda

Bandung - TemanBaik, Rabu (28/10/2020) menjadi hari istimewa. Tepat pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Di Bandung, peringatan Sumpah Pemuda akan digelar meski berada di tengah pandemi COVID-19. Namun, tentu kegiatannya berbeda dibanding sebelum-sebelumnya yang selalu menghadirkan kemeriahan.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini bakal digelar dengan melakukan aksi bersih-bersih masjid dan pesantren. Total, ada sembilan masjid dan dua pesantren di Kota Bandung yang akan jadi lokasi bersih-bersih. Ada sisi filosofisnya loh kenapa dipilih sembilan masjid dan dua pesantren.

"Ini sesuai dengan usia Sumpah Pemuda tahun ini yang ke-92 tahun. Makanya ada sembilan masjid dan dua pesantren yang akan dilakukan bersih-bersih," kata Kabid Pembinaan Pemuda Dispora Kota Bandung Dadang Setiawan di Balai Kota Bandung, Selasa (27/10/2020).

Aksi itu akan melibatkan 500-an pemuda dari berbagai organisasi dan komunitas kepemudaan. Bahkan, siapapun yang berminat bisa ikut serta dalam kegiatan tersebut saat pelaksanaannya besok.

Baca Ini Juga Yuk: Berwisata ke Jabar Saat Libur Panjang, Aman Enggak Ya? 

Kenapa sih harus membersihkan masjid dan pesantren? Itu karena sehari kemudian, tepatnya 29 Oktober 2020, diperingati sebagai Maulid Nabi Muhammad SAW. Sehingga, masjid dan pesantren itu akan 'siap pakai' jika ingin digelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Saat ini, diakui Dadang baru ada lima lokasi masjid dan dua pesantren yang akan dibersihkan. Sisanya masih menunggu informasi lebih lanjut dari pengurus masjid yang ingin masjidnya dibersihkan. Namun, tidak menutup kemungkinan tempat ibadah umat lain juga dibersihkan.

Selain aksi bersih-bersih, para pemuda juga akan menyosialisasikan pentingnya konsisten dan disiplin menjalankan standar protokol kesehatan. Sebab, saat ini sebagian masyarakat mulai abai menjalankan protokol kesehatan.

Aksi lainnya adalah para pemuda itu juga akan melakukan bagi-bagi masker gratis. Mereka akan menyebar ke berbagai titik di Kota Bandung dan memberikan masker pada masyarakat yang membutuhkan.

"Kita akan melakukan ini di beberapa titik, terutama di tempat keramaian. Karena ada kejenuhan juga di masyarakat (mulai abai menggunakan masker). Selain itu ada juga kemampuan masyarakat untuk membeli masker ada yang terbatas. Jangankan membeli masker, buat beli makan saja terbatas," tutur Dadang.

Ia pun mengajak para pemuda melakukan berbagai kegiatan positif untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Sebab, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Namun, tetap jalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar ya!

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler