Begini Kondisi Arsitektur Indonesia Hari Menurut Andra Matin

Indonesia adalah negara yang kaya dari berbagai hal, salah satunya arsitektur. Bagaimana sih kondisi arsitektur Indonesia hari ini?

Arsitek Andra Matin dalam diskusi di Festival KEMBALI 2020 memaparkan secara singkat kondisi arsitektur di Indonesia. Secara singkat, arsitektur Indonesia itu sendiri artinya adalah arsitektur yang ada di Indonesia. Namun, catatan penting yang boleh jadi enggak kita sadari adalah kekayaan dan keunggulan arsitektur di Indonesia ketimbang di negara lain.

Apa saja sih keunggulan, potensi, dan tantangan arsitektur Indonesia dalam fase perkembangannya? Simak penjelasan di bawah ini yuk!

Morfologi dan Bentuk yang Unik 
Bentuk arsitektur di Indonesia menjadi salah satu yang unik. Salah satu bagian yang dimaksud unik adalah atap bangunan. Menurut Andra, bentuk atap dari arsitektur Indonesia punya jumlah yang banyak.

Dalam sebuah pameran arsitektur level internasional yang didalamnya terdapat beberapa elemen dasar seperti pintu, tangga, toilet, atap rumah dan masih banyak lagi, Andra menyebut bagian atap rumah dari Indonesialah yang seolah jadi primadona.

Berbicara mengenai atap rumah, kita semua tahu kalau di Indonesia punya ragam bentuk atap rumah. Jika kita main-main ke Pulau Sumatera saja, coba hitung ada berapa banyak perbedaan atap rumah di beberapa wilayah Sumatera tersebut. Belum lagi ditambah pulau-pulau lainnya.

Baca Ini Juga Yuk: Sensasi Berlibur ke Jepang ala ‘Discover Osaka’

Berkembang dan Bergerak Maju
Arsitektur Indonesia hari ini di mata seorang Andra Matin terus mengalami perkembangan dan bergerak maju. Ia melihat dari masa ke masa, arsitektur Indonesia hari ini makin menunjukkan ciri khas Indonesia itu sendiri. Selain itu, Andra melihat kekayaan sejarah arsitektur di Indonesia yang luar biasa. Ia menyayangkan kalau nilai sejarah itu sampai dilupakan begitu saja.

"Kita perlu menggunakan sejarah kita dengan cara ‘menariknya’ ke hari ini, lalu kemudian diterapkan agar arsitektur itu enggak dipakai sama orang lain," terangnya.

Ia juga optimis dalam 10 tahun ke depan, Indonesia akan punya ciri arsitektur yang bisa dikatakan lebih mengerucut. Selain kesadaran penggunaan bahan baku lokal, produk arsitektur Indonesia hari ini juga banyak diadaptasikan dengan unsur alami di Indonesia, antara lain membuat bangunan yang cocok untuk dibangun di tempat beriklim tropis.

Adaptasi Arsitektur di Masa Pandemi
Pandemi virus korona tentunya menjadikan seluruh bidang melakukan adaptasi. Ditanya mengenai apakah ada adaptasi untuk bidang arsitektur, Andra menjawab pandemi ini menyadarkan kita untuk kembali pada sesuatu ideal yang pernah diterapkan di masa lalu, termasuk dalam bidang arsitektur.

Contohnya adalah sirkulasi udara pada bangunan zaman dahulu yang menurutnya bisa lebih sehat ketimbang bangunan tertutup dan ber-AC. Selain itu, bangunan yang beradaptasi dengan masa pandemi menurut Andra adalah bangunan dengan kamar mandi di bagian depan rumah. Hal ini bertujuan agar orang yang baru masuk ke rumah setelah beraktivitas dari luar bisa membersihkan diri terlebih dulu di kamar mandi tersebut.

"Saya rasa, penting untuk kembali ke sejarah kita. Dengan bangunan yang lebih terbuka, tentu itu menjadikan kita lebih sehat lagi," terangnya.

Tantangan Bagi Arsitektur Indonesia
Catatan penting dari Andra Matin mengenai tantangan bagi arsitektur indonesia ialah tantangan kultural. Ia menyayangkan kalau Indonesia yang kaya akan sejarah dan gaya arsitektur terkesan melupakan atau meninggalkan nilai tersebut. Hal yang dikhawatirkannya adalah Indonesia jadi tidak punya karakter atau ciri arsitekturnya karena tergerus oleh pengaruh luar.

"Kita bisa ambil dari sejarah (mengenai arsitektur), lalu kita olah, agar tidak benar-benar identik dengan masa lalu tersebut," jelasnya.

Selain itu, tantangan lainnya juga bisa berasal dari regulasi. Menurut Andra, perlu adanya kesadaran dari berbagai pihak untuk mewujudkan regulasi pembangunan fisik dengan merasionalisasi antara anggaran dan target pembangunan tersebut.

TemanBaik, pernah enggak kamu merasa takjub akan keindahan arsitektur di negeri orang saat diberi kesempatan berkeliling dunia? Nah, setelah mengetahui kondisi arsitektur Indonesia hari ini, maka sudah waktunya kita lebih bangga pada arsitektur Indonesia. Dan jika kamu terlibat langsung dalam proses transformasi arsitektur di Indonesia, yuk berikan karya terbaikmu! Tetap semangat ya!

Foto: Tangkapan Layar Festival KEMBALI 2020

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler