Yuk! Lakukan Langkah Ini Agar Binatang Liar Tak Masuk Kamar Mandi

Bandung - TemanBaik, saat musim hujan seperti sekarang, ada banyak hal yang perlu diwaspadai. Salah satunya adalah ketika kamu akan ke toilet atau kamar mandi. Kenapa? Simak ulasannya, yuk!

Saat musim hujan, ada beberapa jenis binatang yang berpotensi masuk melalui saluran pembuangan toilet, di antaranya ular, kelabang, tikus, dan kalajengking. Bukan menakut-nakuti, tapi ini agar kamu waspada ya.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung Yusuf Hidayat mengatakan saluran pembuangan bisa jadi jalan masuk bagi binatang. Saluran pembuangan ini biasanya berujung ke selokan.

Melalui ujung pembuangan inilah binatang tersebut bisa masuk dan ujung-ujungnya bisa keluar dari lubang kloset atau lubang pembuangan lain yang ada di kamar mandi. Bahkan, bisa jadi binatang ini juga keluar dari lubang pembuangan pada wastafel.

Baca Ini Juga Yuk: Korban Pohon Tumbang di Bandung Dapat Asuransi hingga Rp50 Juta

Hal ini bisa terjadi kapan saja. Namun, saat musim hujan, potensinya jadi jauh lebih besar. Itu karena sungai yang jadi ujung saluran pembuangan bisa mengalami kenaikan debit. Sehingga, bisa saja ada binatang yang terbawa arus kemudian masuk melalui lubang pembuangan.

"Musim hujan seperti sekarang karena sering banjir, hati-hati apabila air (sungai atau selokan) sedang naik, takutnya ada binatang yang masuk ke situ," kata Yusuf.


                                                                    Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Salah satu yang paling dikhawatirkan menurutnya adalah ular. Berkaca dari kejadian di Bandung saja, banyak kasus tahun ini di mana ada ular masuk ke dalam rumah, salah satunya melalui saluran pembuangan.

"Catatan kita, paling khawatir itu ular masuk rumah. Catatan di kita ada 100 lebih kejadian untuk penanganan ular," ungkap Yusuf.

Namun, binatang lain juga perlu diwaspadai. Sebab, ada ancaman tersendiri dari berbagai binatang yang masuk melalui saluran pembuangan. Kelabang dan kalajengking misalnya, senagatannya akan membahayakan. Tikus juga tak kalah berbahaya karena bisa membawa bibit penyakit leptospirosis.

Apalagi jika rumahmu kebanjiran, kewaspadaan harus ditingkatkan lagi. Bahkan, ketika air dari saluran pembuangan atau di kloset meluap, ini juga harus jadi perhatian. Sebab, ketika air meluap, bisa saja binatang yang keluar melalui celah pembuangan justru tak terlihat.

Sebab, ada beberapa kasus dimana binatang masuk melalui saluran pembuangan dan ujung-ujungnya 'beredar' di dalam rumah. Enggak mau kan hal ini sampai kamu alami?

Jadi, usahakan selalu menutup pintu kamar mandi ya. Selain itu, saluran pembuangan kalau bisa juga ditutup ketika tak digunakan. Ketika kamu masuk ke kamar mandi, perhatikan area sekitar untuk memastikan tak ada binatang berbahaya di sana.

Meski begitu, tak hanya saat musim hujan saja kewaspadaan ini kamu miliki. Ya, memang saat musim hujan potensi binatang masuk melalui saluran pembuangan menjadi lebih tinggi. Namun, bukan berarti saat kemarau dikatakan aman. Potensi kejadian seperti itu tetap ada.

Bagaimana Mencegahnya?
Tak hanya sekadar waspada, kamu juga disarankan melakukan antisipasi agar tidak ada binatang yang masuk melalui saluran pembuangan. Yusuf kemudian membagi tipsnya.

Caranya adalah dengan membuat semacam pintu di ujung saluran pembuangan yang berujung ke tempat terbuka seperti sungai atau selokan. Buat ujung saluran pembuangan itu memiliki tutup yang bisa menjalankan sistem buka-tutup.

Sehingga, ketika saluran pembuangan mengalirkan air dan material lainnya dari rumah, ujung dari salurannya akan terbuka. Sedangkan ketika tidak sedang dipakai, ujung saluran ini akan tertutup.

"Jadi ketika air (sungai atau selokan) naik, saluran airnya akan tertutup untuk mencegah ada binatang masuk ke rumah (melalui saluran pembuangan)," jelas Yusuf.

Cara ini sudah ia praktikkan sendiri. Hasilnya, tak ada binatang yang masuk melalui saluran pembuangan dan berujung 'piknik' di dalam rumah. Tetap waspada dan lakukan antisipasi ya, TemanBaik!

Foto: Ilustrasi Pexels/Pixabay


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler