Ini Pentingnya Menutupi Celah di Bawah Pintu

Bandung - TemanBaik, periksa deh bagian bawah pintu rumahmu. Jika terdapat celah, apalagi jika cukup besar, sebaiknya waspada dan lakukan antisipasi, ya!

Itu karena celah pintu bisa jadi salah satu sarana masuknya binatang berbahaya ke dalam rumah, misalnya ular. Loh, kok ular bisa masuk?

"Kalau ularnya gede, enggak khawatir (masuk lewat celah bawah pintu). Yang dikhawatirkan itu ular yang kecil, apalagi ular itu kan elastis, takutnya masuk lewat situ," kata Kabid Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung Yusuf Hidayat kepada BeritaBaik.id.

Saat kamu lengah, bisa saja ular masuk lewat celah pintu tersebut. Selain berpotensi melukai penghuni rumah, bisa saja ular itu kemudian bersarang di dalam rumah yang luput dari pantauan.

Ujung-ujungnya, suatu saat ular diketahui sudah berukuran besar. Apalagi jika sudah beranak-pinak, bikin ngeri deh. Enggak mau kan sampai kejadian seperti ini?

Selain ular, beberapa hewan lain juga bisa saja masuk melalui celah pintu tersebut. Contohnya kelabang atau kaki seribu. Apalagi, binatang ini biasanya memang berukuran kecil jika dibandingkan ular. Binatang ini jauh lebih mudah masuk ke dalam rumah melalui celah pintu.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Lakukan Langkah Ini Agar Binatang Liar Tak Masuk Kamar Mandi 

Karena itu, langkah antisipasi perlu dilakukan. Caranya juga sederhana kok. Ketika kamu menutup pintu, tutupi bagian celah di bawah pintu menggunakan benda lain, misalnya keset, lap, kayu, atau benda lain.

"Bagian bawah pintunya ditutup saja dengan benda yang beban beratnya melebihi binatang tersebut," ujar Yusuf.

Selain itu, ada solusi lain yang bikin kamu enggak perlu sering membuka-pasang benda untuk menutupi celah pintu. Saat ini ada alat khusus untuk menutup celah pintu.

Ada yang terbuat dari karet dan tinggal direkatkan ke bagian pintu. Ada juga yang terbuat dari kain. Jika sulit menemukannya di toko, benda ini cukup mudah kamu temukan di marketplace kok.

Selain celah pintu, tutup juga celah lain di dalam rumah ya, misalnya celah jendela dan lubang ventilasi. Untuk lubang ventilasi, kamu bisa memakai ram kawat yang cukup rapat atau kasa nyamuk. Sehingga, potensi masuknya bintang berbahaya bisa diminimalisir. Tetap waspada dan antisipasi ya, TemanBaik!

Foto: Ilustrasi Pexels/Lalesh Aldarwish
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler