Hore! Ada Rumah Subsidi untuk Guru Non-PNS hingga Penjaga Sekolah

Bandung - TemanBaik, ada kabar gembira nih, terutama bagi para guru non-PNS dan tenaga kependidikan non-PNS di Jawa Barat. Mereka bisa mendapatkan rumah subsidi yang khusus.

Rumah subsidi ini adalah bagian dari program Bakti Padamu Guru. Cara ini diharapkan membuat para guru dan tenaga kependidikan non-PNS bisa mendapatkan rumah yang diimpikannya. Sebab, biaya uang muka dan cicilannya ringan.

Hadirnya program rumah subsidi ini berasal dari keinginan para guru dan tenaga kependidikan non-PNS. Sebab, banyak di antara mereka yang belum memiliki rumah. Namun, untuk mendapatkan rumah, bukan hal mudah bagi mereka meski secara kredit.

"Ini karena adanya aspirasi dari teman-teman guru (dan tenaga kependidikan non-PNS), mereka belum punya rumah. Kita lalu melakukan langkah-langkah dan juga koordinasi dengan Kementerian PUPR, termasuk dengna bank," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi.

Baca Ini Juga Yuk: Hindari Menembok Area Bawah Pohon, Ini Alasannya

Hasilnya, rumah subsidi bagi mereka bisa dihadirkan. Dalam waktu dekat, program tersebut akan diluncurkan. Bahkan, program ini akan jadi kado saat Hari Guru Nasional pada 25 November mendatang. Rencananya, program ini akan diluncurkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Selain guru dan tenaga kependidikan tingkat SMA, program rumah subsidi ini juga bisa diakses pihak lain. Namun, tentunya bagi mereka yang aktif di dunia pendidikan di Jawa Barat dan berstatus bukan PNS.

"Bakti Padamu Guru ini nanti menghadirkan perumahan-perumahan yang bersubdisi bagi teman-teman non-PNS. Bisa juga penjaga sekolah, dan juga bisa guru sekolah SD-SMP," jelas Dedi.

Namun, program ini masih dimatangkan. Sehingga, belum dipastikan berapa uang muka dan cicilan yang harus dibayar penerima manfaat. Namun, diupayakan biayanya akan ringan.

"Dengan subsidi perumahan yang harganya relatif murah dan cicilan terjangkau, saya berharap tidak ada lagi guru-guru non-PNS atau penjaga sekolah tidak mempunyai rumah," tutur Dedi.

Untuk lokasi, sejauh ini ada beberapa titik yang bakal jadi tempat perumahan subsidi tersebut. Di antaranya Bandung, Cirebon, Sumedang, dan Indramayu. Kuotanya pun cukup banyak.

"Kalau kita hitung secara total (di semua daerah yang akan dibangun perumahan subsidi) bisa mencapai hampir 10 ribu rumah," pungkas Didi.

Foto: Ilustrasi Pexels/Jeffrey Czum
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler