Selamat Hari Anak Sedunia! Ini Hak-Hak Anak yang Perlu Kita Tahu

Bandungan - TemanBaik, tahu kah kamu jika  hari ini, 20 November 2020, diperingati sebagai Hari Anak Sedunia. Ini jadi momentum bagi semua orang untuk lebih peduli pada anak dan hak-haknya.

Sebelum membahas hak anak, kamu perlu tahu sejarah di balik Hari Anak Sedunia. Simak ulasan singkatnya, yuk!

Dilansir dari berbagai sumber, peringatan Hari Anak Sedunia pertama kali dicetuskan pada 14 Desember 1954 yang merupakan pembentukan United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF) oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Tujuan besar diperingatinya Hari Anak Sedunia ini adalah mengkampanyekan kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia. Seiring tumbuhnya kesadaran, pada 20 November 1959, Majelis Umum PBB mendeklarasikan Hak-hak Anak. Bahkan, pada 20 November 1989, Majelis Umum PBB membuat deklarasi Konvensi Hak Anak.

Peringatan Hari Anak Sedunia kemudian berubah. Sejak tahun 1990, Hari Anak Sedunia diperingati setiap 20 November. Ini jadi simbol atau penanda bahwa di tanggal tersebut Majelis Umum PBB mengadopsi deklarasi dan konvensi tentang hak-hak anak. Tanggal inilah yang berlaku hingga kini sebagai Hari Anak Sedunia.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Cek Kadar Air di Rumah Biar Rambut Kamu Enggak Rontok

Apa Saja Hak Anak?
Sebelum melangkah pada hak anak, kamu tentu perlu tahu definisi anak itu apa sih? Berdasarkan Konvensi Hak Anak, anak didefinisikan sebagai orang yang berusia di bawah 18 tahun.

Memiliki anak, jelas jadi impian begitu banyak orang di dunia. Namun, bukan hal mudah memiliki anak. Ketika sudah dikaruniai anak, ada hak dan kewajiban yang perlu dipenuhi orang tua.

Sebagai calon orang tua atau bahkan bagi yang sudah jadi orang tua, tentu harus tahu apa itu hak-hak anak. Hak ini melekat dalam diri anak dan harusnya dipenuhi orang tua atau keluarganya.

Apa saja sih yang termasuk hak anak? Berdasarkan Konvensi Hak Anak, ini yang termasuk ke dalam hak anak:
1. Hak bermain
2. Hak mendapatkan pendidikan
3. Hak mendapatkan perlindungan
4. Hak mendapatkan nama (identitas)
5. Hak mendapatkan status kebangsaan
6. Hak mendapatkan makanan
7. Hak mendapatkan akses kesehatan
8. Hak mendapatkan rekreasi
9. Hak mendapatkan kesamaan
10. Hak berperan dalam pembangunan

Foto: Ilustrasi Djuli Pamungkas/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler