Ini "Vaksin" Terbaik Saat Sekolah Kembali Tatap Muka

Bandung - TemanBaik, sekolah tatap muka sudah bisa digelar pada Januari 2021. Namun, ini tergantung kebijakan pemerintah daerah. Jika dirasa aman dari potensi penularan COVID-19, sekolah tatap muka bisa dijalankan.

Jika ternyata kebijakan sekolah tatap muka ini berlaku di daerahmu, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama para orang tua dan siswa. Kamu harus menggunakan "vaksin".

"Vaksin" yang dimaksud adalah menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar. Hal inilah yang bakal jadi senjata penangkal COVID-19. Sebab, jika menunggu vaksin yang akan diberikan pemerintah, itu tentu butuh waktu. Sehingga, tak ada jalan lain selain menggunakan "vaksin" berupa protokol kesehatan.

"Vaksin yang ada saat ini dan paling bagus adalah 3M dan 1T," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Bandung dr. Sony Adam kepada BeritaBaik.id, Selasa (24/11/2020).



Kamu tentu sudah tahu kan apa itu 3M dan 1T? 3M adalah memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun. Sedangkan 1T adalah tidak berkerumun. Jangan bosan jika membaca hal yang kerap diulang ini, ya!

Baca Ini Juga Yuk: Begini Cerita dari Para Penegak Protokol Kesehatan

Inilah yang jadi kunci agar mereka yang belajar tatap muka di sekolah bisa terhindar dari COVID-19. Peran orang tua pun jadi kunci dan tentunya siswa itu sendiri.

Menurutnya, enggak ada kata lain selain disiplin menjalankan protokol kesehatan. Sebab, selama pandemi belum berakhir, protokol kesehatan wajib dijalankan demi kebaikan bersama.

"3M dan 1T itu tetap harus diperhatikan. Itu cara yang paling ampuh (menangkal COVID-19). Selain itu, enggak ada yang ampuh lagi untuk saat ini," jelasnya.

Pentingnya Kontrol Orang Tua
Sony mengatakan, peran orang tua sangat besar agar anak bisa menjalankan protokol kesehatan di sekolah. Jangan sampai lelah mengingatkan agar anak konsisten menjalankannya.

Sedangkan jika anak masih kecil, mereka perlu dorongan lebih kuat agar mau menjalankan protokol kesehatan di sekolah. Berikan cara terhindar dari COVID-19 sekaligus suntikan motivasi.

Kata kuncinya, orang tua wajib menjadi contoh bagi anak-anaknya dalam menerapkan protokol kesehatan. Ketika di depan anak, pastikan seluruh protokol kesehatan dilakukan dan beri penjelasan kenapa itu penting dilakukan.

"Dicontohkan dulu sama orang tuanya. Anak itu seperti kertas polos, dia melihat cara kita makan, berpakaian, dan lain-lain. Karena itu, contohkan dulu pakai masker yang benar bagaimana, jaga jarak seperti apa, cuci tangan, tidak berkerumun. Dikasih tahu dulu anaknya," tutur Sony.

Namun, jika anak sudah tergolong lebih besar atau remaja, jangan sampai orang tua luput dan membiarkan mereka begitu saja. Enggak ada salahnya kok jika orang tua mengirim pesan singkat biar sang anak enggak lupa menjalankan protokol kesehatan dan mengingatkan apa saja yang enggak boleh dilakukan demi terhindar dari COVID-19.

Foto: Ilustrasi Pexels/Dids

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler