Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Tumor dan Kanker Kata Ahlinya

Bandung - TemanBaik, sebagian orang menganggap tumor dan kanker sebagai hal yang sama. Benar enggak sih anggapan ini? Simak ulasannya, yuk!

"Masyarakat suka nanya perbedaan tumor dan kanker, itu pertanyaan yang sering kita terima," kata dokter spesialis bedah onkologi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Dr. dr. R. Yohana, Sp.B(K)., Onk.

Ia pun sering memberikan penjelasan kepada mereka yang melempar pertanyaan. Tumor dan kanker menurutnya dua hal berbeda. "Kita harus bedakan mana kanker, mana tumor," ujarnya.

Apa sih tumor itu? Tumor adalah benjolan yang tumbuh di tubuh. Posisi tumbuhnya pun bisa di mana saja. "Semua benjolan enggak normal itu disebut tumor," ungkapnya.

Baca Ini Juga Yuk: Beratnya Pengakuan Menjadi ODHA, Jangan Jauhi Mereka, Ya!

Tumor sendiri terbagi dua, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Jika tumornya masih dikategorikan jinak, maka akan disebut sebagai tumor. Namun, jika tumornya ganas, ini yang kemudian disebut sebagai kanker.

Jadi, singkatnya, kanker itu dikategorikan tumor, tapi jika kondisinya ganas. Sedangkan tumor belum tentu dikategorikan sebagai kanker. Jangan tertukar lagi dengan kedua istilah ini ya!

Umumnya, tumor muncul karena adanya pertumbuhan sel yang berlebihan dalam suatu jaringan di tubuh. Akibatnya, benjolan biasanya akan muncul. Tumor ini bisa muncul di tempat yang diinginkannya. Mulai dari kulit, otot, saraf, tulang, dan bagian organ tubuh lainnya.

Tumor pada umumnya bersifat 'lokal' alias hanya berada di satu tempat saja di tubuh. Perkembangannya juga bersifat lambat. Hal ini kenapa tumor dianggap tak berbahaya. Namun, jika dirasa keberadaannya mengganggu, penanganan medis bisa dilakukan.

Sedangkan kanker berpotensi merusak jaringan yang ada pada tubuh. Apalagi, kanker juga tak bersifat 'lokal' karena bisa tumbuh dan menyebar ke area lain di tubuh. Sehingga, kanker akan menghadirkan tumor-tumor berikutnya yang berpotensi menjadi kanker.

Kanker biasanya akan tumbuh dengan cepat, merusak sel sehat, hingga mengambil nutrisi dari dalam sel tubuh. Untuk pengobatan kanker sendiri beragam dan biasanya akan disesuaikan dengan tingkat keparahannya, bisa dengan menggunakan obat hingga operasi.

Foto: Ilustrasi Pexels/Tima Miroschenko
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler