Yuk! Pikirkan Hal Ini Sebelum Rencanakan Liburan Akhir Tahun

Bandung - TemanBaik, akhir tahun ini akan ada libur panjang, yaitu menjelang Natal dan tahun baru. Ada yang sudah bersiap untuk liburan? Tahan dulu, simak penjelasan ini sebelum memutuskan liburan.

Ketua Satuan Gugus Tugas COVID-19 Doni Monardo mengatakan lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia belakangan ini salah satunya terjadi akibat adanya libur pada Oktober lalu. Itu karena banyak orang bepergian dan berkerumun di berbagai tempat.

Sehingga, kamu sebaiknya berpikir ulang jika ingin pergi berlibur. Sebab, potensi penularan dan penyebaran COVID-19 masih cukup tinggi. Yang jadi masalah, COVID-19 tidak kasat mata dan bisa menular pada siapa saja. Cara terbaik untuk mengisi liburan nanti adalah dengan menghindari bepergian.

"Kami mengajak liburan kali ini adalah liburan yang aman, liburan yang harus nyaman tanpa jalan-jalan, tanpa bepergian," kata Doni.

Baca Ini Juga Yuk: Lakukan Ini untuk Menghindari COVID-19 Saat Salurkan Hak Pilih 

Ya, kamu bisa saja berlibur dengan menjalankan protokol kesehatan seketat mungkin. Namun, kamu bisa saja tanpa sadar lengah. Akibatnya, kamu bisa tertular COVID-19 di mana saja.

Selain khawatir penularan COVID-19, ada hal lain yang tak kalah penting untuk jadi pertimbangan. Belakangan ini, cuaca di Indonesia sedang tidak baik. Kerap terjadi hujan dengan intensitas yang ekstrem. Bahkan, beberapa hari ini kecepatan angin juga cukup kencang.

Hingga akhir tahun nanti, kondisi cuaca seperti itu diperkirakan masih akan terjadi. Kondisi ini dikhawatirkan membuat daya tahan tubuhmu lemah dan mudah terserang berbagai penyakit, termasuk COVID-19.

"Kita lihat perkembangan cuaca pada dua-tiga minggu yang akan datang, cuaca ekstrem hampir melanda di seluruh wilayah nasional kita sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh BMKG. Mohon ini jadi atensi kita bersama untuk betul-betul kita bisa mematuhinya," tutur Doni.

Foto: Doni Monardo/dok. BNPB


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler