Berita Baik! Vaksin Covid-19 Gratis Buat Masyarakat Indonesia

Jakarta - TemanBaik, ada kabar terbaru nih dari rencana program vaksinasi COVID-19 yang bakal digulirkan pemerintah. Seluruh vaksin akan digratiskan untuk masyarakat.

Sebelumnya, program vaksinasi rencananya bakal terbagi dua. Vaksin akan diberikan kepada masyarakat penerima sasaran secara gratis. Namun, ada juga yang bisa mengakses vaksin tersebut secara mandiri alias bayar sendiri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengambil kebijakan baru. Tak akan ada vaksinasi mandiri. Jadi, masyarakat bisa seluruhnya mengakses vaksin tersebut tanpa merogoh koceknya sendiri.

Keputusan ini diambil setelah menerima banyak masukan dari masyarakat. Ia juga memperhitungkan anggaran yang dimiliki pemerintah untuk merealisasikan program tersebut. Sehingga, masyarakat tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk program vaksinasi.

"Jadi, setelah banyak menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, perhitungan ulang, mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi saya, gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," kata Jokowi dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Secara khusus, mantan Gubernur DKI Jakarta itu sudah menginstruksikan seluruh jajaran Kabinet Indonesia Maju, lembaga, dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi massal pada tahun anggaran 2021.

Ia juga sudah memerintahkan Menteri Keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi. Sehingga, tak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menegaskan rencananya akan menjadi penerima vaksin pertama. Harapannya, masyarakat tidak lagi merasa khawatir, takut, atau berpikiran negatif lainnya.

"Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman," tutur pria yang juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo tersebut.

Sementara secara khusus, ia kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap konsisten menjalankan protokol kesehatan. Sebab, protokol kesehatan bisa jadi senjata utama dan bisa dilakukan seluruh masyarakat sambil menunggu program vaksinasi berjalan.

"Saya ingatkan agar masyarakat untuk terus berdisiplin menjalankan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk kebaikan kita semuanya," tandasnya.

Foto: dok. Biro Pers Setpres RI

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler