Tiga Vaksin Ini Direkomendasikan WHO saat Pandemi

Jakarta - TemanBaik, vaksinasi bermanfaat membuat tubuh seseorang lebih kebal terhadap suatu penyakit. Prinsipnya, vaksin akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Saat ini, ada banyak jenis vaksin di dunia. Namun, biasanya vaksin hanya difokuskan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap suatu penyakit tertentu.

Seperti saat ini, vaksin COVID-19 berguna meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat terhadap penyakit COVID-19. Sehingga, ketika COVID-19 menyerang, virus itu tak akan berdampak signifikan pada tubuh.

Selain vaksin COVID-19, di masa pandemi ini ada beberapa vaksin yang direkomendasikan untuk dipakai masyarakat. Tujuannya tentu meningkatkan daya tahan tubuh hingga meminimalisir risiko tertular COVID-19. Apa saja?

"WHO dan berbagai organisasi kesehatan merekomendasikan beberapa jenis vaksin pada saat pandemi ini. Yang pertama adalah adalah vaksin influenza," kata dr. Dirga S. Rambe dari Satgas COVID-19.

Baca Ini Juga Yuk: Data & Fakta Menarik 6 Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju

Vaksin influenza ini direkomendasikan untuk orang dewasa dan perlu diulang setiap setahun sekali. Sebab, virus influenza tergolong virus yang selalu berubah dan berkembang setiap tahunnya. Kenapa vaksin ini jadi yang paling direkomendasikan untuk digunakan masyarakat di tengah pandemi?

"Penelitian menunjukkan bahwa vaksin influenza memiliki efek protektif terhadap COVID-19," ungkap Dirga.

Vaksin kedua yang direkomendasikan adalah vaksin pneumonia atau radang paru-paru. Vaksin ini ideal digunakan untuk orang dewasa berusia 50 tahun ke atas.

"Dan yang terakhir vaksin pertusis (vaksin untuk batuk rejan). Ketiganya merupakan vaksin untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan saluran napas," jelasnya.

Nah, jika kamu ingin melakukan vaksinasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, konsultasikan dengan ahlinya dulu ya. Sebab, ada kondisi tertentu yang membuat vaksin tidak bisa digunakan.

Di luar vaksin, yang paling penting saat ini tentu menjalankan protokol kesehatan dan gaya hidup sehat. Tetap jaga kesehatan ya, TemanBaik.

Foto: Ilustrasi Pexels/ Artem Pordez


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler