Ini Benda yang Wajib Kamu Bawa untuk Hadapi Libur Panjang

Bandung - TemanBaik, akhir tahun ini kita akan dihadapkan dengan libur Natal dan Tahun Baru. Jika tak mendesak, sebaiknya kamu #DiRumahAja ya sesuai anjuran pemerintah.

Namun, jika terpaksa harus keluar rumah karena ada keperluan atau memang ingin berlibur, ada hal wajib yang perlu disiapkan, terutama jika perjalananmu cukup jauh. Siapkan masker cadangan, ya!

Kenapa harus bawa masker cadangan? Banyak ahli kesehatan yang sudah membahas bahwa penggunaan masker punya batas waktu. Masker medis atau masker bedah misalnya, efektivitas penggunaannya maksimal empat jam. Setelah itu, masker harus diganti agar fungsinya efektif.

Saat bepergian, terkadang seseorang memang patuh menggunakan masker. Namun, ada kondisi dimana masker harus segera diganti. Selain masa pakai yang sudah terlewat, masker bisa saja basah karena kehujanan.

Di musim liburan ini potensi itu cukup terbuka lebar. Sebab, saat ini Indonesia sedang dilanda musim hujan. Sehingga, kamu bisa kehujanan di mana saja, baik dalam perjalanan, maupun ketika di tempat wisata.

Baca Ini Juga Yuk: Tiga Vaksin Ini Direkomendasikan WHO saat Pandemi

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19 dr. Sonny Harry B. Harmadi mengatakan penggunaan masker dan membawa cadangan kerap disosialisasikan kepada masyarakat. Ini dirasa perlu demi membuat masyarakat antisipatif terhadap penularan COVID-19 dan penyakit menular lainnya.

"Kami berulang kali menyampaikan, kalau liburan panjang dan harus bepergian, harus menyiapkan masker cadangan secukupnya. Jadi, betul-betul cukup, jangan sampai kurang," kata Sonny dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Berapa jumlah ideal masker cadangan yang harus dibawa? Kamu bisa memperkirakannya dengan durasi kamu bepergian. Untuk satu hari pemakaian misalnya, kamu bisa membawa tiga hingga lima masker cadangan.

Selain masker cadangan, kamu tentu dianjurkan menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar. Rajin cuci tangan menggunakan sabun. Namun, selalu bawa hand sanitizer ya untuk jaga-jaga jika tak menemukan tempat cuci tangan. Selain itu, konsisten menjaga jarak dan hindari berkerumun, ya.

Foto: Ilustrasi Pexels/Anna Shvets

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler