Semangat Tim SAR saat Bertugas pada Libur Natal & Tahun Baru

Bandung - TemanBaik, Natal jadi momentum sakral bagi umat Kristiani. Di saat yang sama, Natal juga dimanfaatkan umat dari agama lain untuk berlibur atau berdiam diri di rumah.

Namun, para petugas dari Kantor Search and Rescue (SAR) Bandung justru super sibuk loh. Mereka sedang berjibaku di tengah bencana yang melanda sejumlah daerah di Jawa Barat.

Tim dari Kantor SAR Bandung sendiri disebar ke berbagai titik di Jawa Barat. Mereka disiagakan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) terhitung 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Ketika ada kejadian bencana atau hal lainnya, mereka akan dengan sigap terjun ke lokasi.

Total, ada 93 personel yang tersebar di Pos SAR Tasikmalaya, Pos SAR Cirebon, dan KN 206 Bandung. Ada juga petugas yang disiagakan sebagai tim mobile di Pantai Pangandaran, Pantai Santolo Garut, Cikopo Purwakarta, Tol Cipali KM 102 dan 164, Waduk Dharma Kuningan, serta Nagreg Kabupaten Bandung.

Untuk kebutuhan bertugas, mereka membawa berbagai perlengkapan, mulai dari sarana darat, sarana air, peralatan komunikasi, peralatan medis, serta berbagai peralatan 'tempur' lainnya.

Dalam bertugas, Tim SAR mengutamakan kecepatan waktu tanggap jika terjadi kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia. Namun, Tim SAR tak bertugas sendirian dalam masa liburan Nataru ini. Mereka bekerja sama dan berkoordinasi dengan berbagai instansi lain, seperti jajaran Kementerian Perhubungan, TNI, Polri, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, Gugus Tugas COVID-19, dan elemen lainnya.

Terjun ke Lokasi Longsor

Setelah disebar ke berbagai titik pada 18 Desember lalu, para petugas langsung menjalankan tugas masing-masing. Namun, pada Kamis (24/12/2020), mereka akhirnya benar-benar super sibuk. Sebab, terjadi bencana alam yang membuat mereka harus bergegas melakukan penanganan.

Pukul 22.15 WIB, Kantor SAR Bandung menerima informasi adanya longsor di Kampung Lebak Cihideung, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Empat orang dikabarkan tertimbun longsor. Dua tim rescue pun diberangkatkan ke lokasi pada pukul 22.30 WIB.

"Berdasarkan informasi yang diterima, longsor terjadi pada pukul 20.00 WIB disebabkan hujan deras yang mengguyur lokasi kejadian dan mengakibatkan longsor di wilayah tersebut," ujar Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah, Jumat (25/12/2020).

Kerja keras Tim SAR pun berbuah hasil saat melakukan penanganan di lokasi. Tiga orang berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Mereka adalah Suryani (41), Dani (19), dan Adi (5). Hari ini, para petugas masih bekerja keras untuk menemukan satu korban lain yang dikabarkan tertimbun, yaitu Dedi Rohendi (43).

Proses pencarian dilakukan hingga radius 300 meter dari sekitar lokasi kejadian. Dalam melakukan pencarian, Tim SAR bekerja sama dengan Polres Cimahi, Koramil Jayagiri, BPBD Kabupaten Bandung Barat, hingga masyarakat setempat. Hingga kini, proses pencarian terus dilakukan.

Selamatkan Lansia di Lokasi Banjir

Tak hanya menangani longsor, tim dari Kantor SAR Bandung juga melakukan penanganan banjir di Kabupaten Bandung. Bertugas sejak kemarin malam, tim berhasil mengevakuasi tiga lansia di RT 04 RW 05 Desa Sayati, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung.

Ketiga lansia berhasil dievakuasi pada pukul 01.20 WIB. Ya, saat orang lain nyenyak tidur, Tim SAR justru berjibaku menyelamatkan orang di lokasi bencana. Hasilnya pun menggembirakan karena ketiga lansia dalam kondisi selamat.

Selain di Margahayu, Tim SAR juga disebar di berbagai titik banjir di Kabupaten Bandung. Mereka masih bertugas hingga kini karena banjir masih belum surut.

"Hingga saat ini tim rescue masih melakukan pemantauan dan standby di wilayah Andir, Baleendah, Ciputat, dan Bojongasih untuk mengantisipasi (dampak) banjir dan evakuasi lainnya," tutur Ridwan.

Perjuangan petugas Tim SAR dan berbagai pihak lainnya ini tentu patut diapresiasi ya. Di saat orang lain libur atau bahkan liburan, mereka justru sedang sibuk-sibuknya.

Tetap jaga kesehatan dan keselamatan ya, TemanBaik. Satu lagi, jangan pernah bosan menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar.


Foto: dok. Kantor SAR Bandung

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler