Ini Karakteristik Madu Asli yang Perlu Kamu Ketahui

Bandung - TemanBaik, belakangan sempat ramai di media sosial tentang madu asli atau palsu. Memang sebenarnya bagaimana sih cara kita menentukan madu yang kita beli adalah madu asli?

Beritabaik.id punya kesempatan untuk bertanya kepada Bugi Suryatanu, pemilik UMKM Dabura Olshop yang mengolah berbagai jenis makanan olahan dari lebah madu. Sebagai informasi tambahan nih, UMKM yang nampil dalam acara penandatangan kerja sama antara Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bersama UMKM, Hotel, Perbankan dan Pemprov Jabar tersebut punya produk Madu Odeng yang merupakan buah tangan dari pemburu madu di ILMI (Inspirator Lebah Madu Indonesia). Kepada kami, Bugi menyebut ada beberapa karakteristik madu asli yang boleh jadi referensi buatmu saat membeli madu.

Pertama-tama, keaslian madu yang kita konsumsi bisa diukur dari produsen madu itu sendiri. Jadi, pastikan kamu tahu dari mana asalnya madu tersebut dibuat, ya. Dari mulai produsennya, di mana lahan peternakannya, hingga bagaimana pendekatan produksinya perlu kita intip.

"Sebetulnya susah-susah gampang mendeteksi madu ini asli atau palsu," ujar Bugi.

Mungkin belakangan ini juga sedang ramai di media sosial nih terkait pengecekan keaslian madu yang hendak dikonsumsi dengan cara memasukkan madunya ke air dalam bejana, lalu airnya digoyangkan guna mendapat tekstur seperti sarang madu. Nah, menurut Bugi, eksperimen semacam itu belum cukup memastikan keaslian madunya loh. Akan lebih baik kalau kamu mengetahui produsen madu ini.

Baca Ini Juga Yuk: Benarkah Minyak Kelapa Berbahaya? Begini Fakta dan Penjelasannya

Kedua, kamu bisa mengukur keaslian madu dari wangi madu itu sendiri. Beberapa madu yang sering diklaim sebagai madu palsu biasanya punya aroma yang jauh dari karakteristik wangi madu itu sendiri. Selain itu, rasa manis yang terkandung dalam madu asli biasanya cenderung tak berlebihan.

"Rasa madu itu sebetulnya tergantung dari nektarnya. Di mana lebah itu menghisap suatu tanaman, akan ada rasa dari tanaman tersebut. Kalau soal rasa sih enggak ada standar," terangnya.

Setelah itu, madu asli biasanya bakal terasa hangat di tenggorokan saat dikonsumsi. Nah, coba kamu ingat-ingat lagi deh, madu yang pernah kamu minum ada rasa hangat di tenggorokanmu atau tidak?

Saat ditanya mengenai keberadaan madu palsu, Bugi menyebut sebaiknya kita memahami karakteristik madu asli saja sebelum membelinya, ketimbang ikut-ikutan berkomentar tentang fenomena asli atau palsunya madu tersebut. Dan kita juga perlu ingat, kandungan dalam madu itu sendiri punya nilai-nilai baik untuk tubuh. Jadi, memperdebatkan mana madu asli mana madu palsu juga malah bikin kita buang-buang waktu.

TemanBaik, karena suasana masih mengharuskan kita untuk beradaptasi, yuk tetap jaga pola asupan untuk tubuh! Jangan sembarangan mengonsumsi makanan atau minuman dulu, ya!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Alexander Mils

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler