Ini Sejumlah Ruas Jalan yang Ditutup di Bandung Jelang Tahun Baru

Bagi warga Bandung dan yang ke Bandung pada Kamis (31/12/2020), ada informasi penting nih! Sejumlah ruas jalan bakal ditutup. Penutupan jalan ini bertujuan mencegah terjadinya kerumunan warga yang ingin merayakan malam pergantian tahun. Sehingga, langkah antisipatif perlu dilakukan.

KBO Lantas Polrestabes Bandung AKP Dody Kuswanto mengatakan ada tiga ring yang diberlakukan dalam penutupan ruas jalan tersebut. Ring I dan II secara permanen ditutup. Sedangkan Ring III dilakukan secara selektif.

Ring I dan II merupakan jalan di pusat kota yang kerap terjadi keramaian ketika malam pergantian tahun. Penutupan jalan dilakukan pukul 18.00-05.00 WIB.

Ring I adalah Jalan Otista (Pasar Baru), Jalan Asia Afrika-Tamblong, Jalan Naripan-Tamblong, Jalan Braga, Jalan Banceuy-Asia Afrika, Jalan Merdeka, Jalan Ir Djuanda (Cikapayang hingga Simpang Dago), Jalan Purnawarman, dan Jalan Alun-alun Timur. Ada juga Jalan Diponegoro. Namun, khusus Jalan Diponegoro, penutupan dlakukan lebih cepat, yaitu sejak pukul 17.00 WIB.

Sedangkan Ring II meliputi Jalan Ahmad Yani-Martadinata, Jalan Gatot Subroto-Pelajar Pejuang, Jalan Lodaya-Pelajar Pejuang, Jalan Buahbatu-Pelajar Pejuang, Jalan Sriwijaya-Pelajar Pejuang, Jalan M Ramdan-Pelajar Pejuang, Jalan Otista-BKR, Jalan Kopo-Peta, Jalan Pasirkoja-Peta, dan Jalan Jamika-Peta.

"Untuk Ring III yaitu daerah-daerah perbatasan kota," kata Dody di Balai Kota Bandung, Rabu (30/12/2020).



Baca Ini Juga Yuk: Vaksin Sinovac Kembali Tiba Besok, 100 Juta Dosis Sudah Diamankan

Titik Ring III meliputi Bundaran Cibiru, Cibeureum, Ledeng, serta pintu keluar Tol Pasteur, Pasirkoja, Kopo, M Toha, dan Buahbatu. Untuk Ring III ini disebut penutupan selektf. Sebab, lokasi ini jadi titik penyekatan kendaraan dengan penumpang yang ingin merayakan pergantian tahun di Bandung.

"Kendaraan yang (penumpangnya) akan merayakan tahun baru dan arak-arakan akan diarahkan untuk kembali. Karena sesuai surat edaran, tidak boleh ada perayaan malam tahun baru dan kegiatan keramaian," jelasnya.

Bagaimana dengan kendaraan umum dan pribadi yang punya tujuan lain? Tenang, masih bisa kok kamu masuk ke Kota Bandung. Jadi, penutupan ini hanya berlaku bagi yang ingin merayakan tahun baru, terutama mereka yang konvoi.

"Kita juga tidak memberlakukan sanksi atau penindakan. Bagi yang melanggar, kita akan arahkan untuk kembali ke tempat asalnya," papar Dody.

Siap-siap Dibubarkan
TemanBaik, jika memang tak ada keperluan mendesak, sebaiknya di rumah aja ya. Hindari berkerumun untuk merayakan malam pergantan tahun. Sebab, petugas akan melakukan patroli untuk memastikan tak terjadi kerumunan. Jika sampai terlihat petugas, siap-siap kerumunan dibubarkan.

Secara khusus, Dody juga mengimbau agar warga tak berkerumun atau merayakan tahun baru di fly over yang ada di Bandung. Sebab, tempat itu biasanya jadi favorit saat malam pergantian tahun.

"Jangan berkumpul di fly over. Nanti pasti kita akan bubarkan," imbaunya.

Foto: dok.Humas Kota Bandung
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler