Museum Geologi Punya Banyak Benda Purba, Berapa Harganya?

Bandung - TemanBaik, Museum Geologi di Kota Bandung punya begitu banyak koleksi berbagai benda purba, di antaranya berupa fosil dan batuan. Total, ada 417.882 koleksi yang tersimpan di sana.

Bicara soal koleksi benda purba, tentu ada nilai ekonomi yang dimiliki. Lalu, berapa harga atau nilai ekonomi dari seluruh benda koleksi di sana? Jawabannya adalah nol rupiah! Lho, kenapa nol rupiah? Ini penjelasannya.

"Kalau kita bicara koleksi yang ada di museum ini, bicara nilai ekonomi ada, tapi kita tidak mungkn bicara nilai ekonomi," kata Kepala Museum Badan Geologi Iwan Kurniawan.

Meski koleksi yang terdaftar nol rupiah, faktanya nilai ekonomis dari benda-benda itu tak ternilai loh. Apalagi jika berbicara soal hobi atau nilai sejarah, harganya bisa enggak masuk akal.



Ini berbeda dengan di luar negeri, terutama di Eropa. Benda-benda purba bisa keluar angka atau harganya. Bahkan, benda purba bisa diperjualbelkan. Sedangkan di Indonesia, ada aturan yang melarang jual-beli benda purba. Karena alasan itulah nilai ekonomi benda koleksi Museum Geologi tak pernah keluar harganya.

Baca Ini Juga Yuk: Perjalanan hingga Mitos di Balik Bioskop Legendaris Bandung

Dengan cara ini, paradigma menjual benda purba sebagai hal menggiurkan diharapkan tak dimiliki warga Indonesia. Bahkan, warga yang menghibahkan benda purba ke Museum Geologi pun tak diberi apresiasi berupa uang.

Sebagai contoh, pernah ada warga yang menghibahkan rahang gajah purba di Rancamalang, Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat. Orang yang memberi hibah hanya diberi semacam piagam atau sertifkat sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih dari Museum Geologi.

"Kenapa kita enggak bicara uang saat mereka menyerahkan koleksinya ke museum, salah satunya untuk memutus paradigma fosil itu bisa dijual. Makanya kita hanya memberi apresiasi itu berupa sertifikat," jelas Iwan.

Sejauh ini, jumlah koleksi benda purba dari masyarakat ke Museum Geologi ada lebih dari 10. Benda itu diberikan sebagai hibah dan menjadi milik museum untuk dijaga. Jadi, jika kamu menemukan benda purba, hindari berpikir tentang nilai ekonomis ya. Lebih baik benda itu diserahkan ke Museum Geologi untuk jadi aset negara dan berguna bagi ilmu pengetahuan.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler