Bandung Masuk 10 Besar 'Indonesia’s Booming Cities 2020'

Jakarta - TemanBaik, sudah pada tahu belum tentang 'Indonesia’s Booming Cities'? Indonesia’s Booming Cities adalah hasil riset berbagai data mulai dari indeks ekonomi, indeks keuangan, dan juga indeks sosial yang dirilis oleh Lokadata, perusahaan media dengan fokus utama pada jurnalisme riset dan data.

Dari data tersebut muncul 10 nama kota yang paling berkembang lebih pesat dibanding 514 kabupaten dan kota lain di Indonesia. Kota Bandung masuk loh ke dalam daftar kota tersebut, Bandung berada di urutan ke-9  dengan indeks ekonomi 65.2, indeks keuangan 34.4, dan indeks sosial 53.0 loh, TemanBaik!

Detail dari data 'Indonesia’s Booming Cities' ini dipaparkan lebih lengkap pada webinar yang berjudul 'Indonesia’s Booming Cities' pada Rabu, (6/1). Hadir menjadi narasumber pada webinar tersebut adalah DR. Drs. A. Fatoni sebagai Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan Kementerian dalam Negeri, H. Benyamin Davnie sebagai Wakil Walikota Tangerang Selatan, Prof Dr. Ir. Hermanto Siregar sebagai rektor Perbanas Institute, Roy Nicholas Mandey sebagai Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), dan juga Herry Gunawan sebagai periset dan analis data dari Lokadata.

Herry menjelaskan bahwa riset ini terlahir karena inspirasi dari jurnal ilmiah yang berjudul 'Urban Indicators for Managing Cities' yang dipublikasikan oleh Asian Development Bank (ADB) pada tahun 2001.

"Dari situ kami menentukan variabel, dari variabel itu kami menentukan semua totalnya itu adalah sembilan variabel, yang kami bagi menjadi tiga indikator,  dan tiga indikator ini lah yang menjadi indeks booming cities," tutur Herry.

Baca Ini Juga Yuk: Jawa-Bali PSBB pada 11-25 Januari, Ini yang Perlu Kamu Tahu

Dari data tersebut, Bandung masih bisa berkembang lebih jauh lagi bila potensinya digali lebih dalam. Selain Bandung, sembilan kota lainnya yang termasuk di dalam daftar Indonesia’s Booming Cities 2020 ini dapat melakukan berbagai hal untuk memaksimalkan potensi dari daerahnya masing-masing.

Herry melanjutkan pemaparannya dengan menjelaskan empat pendekatan yang bisa dilakukan pihak daerah untuk mengembangkan potensi berkembangnya daerah-daerah di Indonesia. Empat pendekatan ini adalah location quotation, shift share analysis, economic stability, dan juga market share.

"Empat pendekatan ini tentu saja sudah lazim di dunia akademik, kami menentukan misalnya ada sektor basis, sektor basis itu rata-rata misalnya sektor-sektor usaha di sebuah wilayah kabupaten kota yang kira-kira pertumbuhannya stabil dalam 10 tahun terakhir, nah kalau yang ini kami data selama 10 tahun terakhir rata-rata stabil dan selalu pertumbuhannya di atas PDRB, lalu kemudian kami melakukan pendekatan shift share analysis, kemudian kami juga melihat stabilitas ekonominya, terakhir kami lihat market share-nya," jelas Herry.

Bandung dan kota lainnya di Indonesia memang masih punya potensi besar dalam perkembangan wilayahnya. Hadirnya data Indonesia’s Booming Cities ini diharapkan bisa jadi acuan bagi masing-masing pemerintah daerah untuk mengembangkan wilayahnya agar lebih maksimal lagi.

"Mungkin ini bisa menjadi masukan juga bagi pemerintah daerah dalam menyusun rencana strategis, kira-kira dalam beberapa tahun ke depan apa yang akan dilakukan sebagai program yang bermanfaat bagi wilayahnya," tambah Herry.

Semoga seluruh daerah di Indonesia dapat berkembang lebih baik lagi, dan lebih merata, ya. Jangan lupa bantu daerah-daerah TemanBaik agar bisa lebih berkembang lagi, demi Indonesia menuju negara yang lebih maju!

Foto: Tangkapan Layar Webinarn 'Indonesia’s Booming Cities'

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler